Selasa, 03 Agu 2021 16:33 WIB

e-Life

Keluhan Sakit Mata Naik Selama Pandemi COVID-19

dtv - detikHealth
Jakarta -

Terlalu lama menatap layar gadget atau laptop tentu bisa berdampak negatif pada kesehatan mata. Bahkan, sejak pandemi COVID-19, ternyata keluhan mata lelah justru banyak datang dari kalangan anak sekolah.

Efek yang bisa ditimbulkan dari pemakaian gadget dengan durasi panjang salah satunya adalah Computer Vision Syndrome. Hal ini bisa menyebabkan mata kering hingga nyeri kepala.

"Kemudian efek yang lain bisa terjadi yang sekarang saya sering temui di poli itu munculnya gangguan ke fraksi, atau paling sering minus dan silinder. Kemudian masih juga ada dikeluhkan juga kalau orang tua mengantar anaknya itu anaknya mulai mengalami gangguan tidur karena terlalu banyak main gadget," jelas dr. Timmy Budi Yudhantara, SpM di acara e-Life detikcom.

dr. Timmy mengaku akhir-akhir ini lebih banyak pasien yang datang kepadanya dengan keluhan mata lelah justru berasal dari kalangan anak sekolah. Dan jumlahnya mengalami peningkatan.

"Kasusnya makin banyak. Paling banyak sebenarnya dialami oleh anak-anak sekolah. Jadi, yang dulu waktu sekolah offline harus ke sekolah tidak pernah mengeluhkan soal matanya. Ya, tapi begitu sudah mulai online, hampir 2 tahun ini, benar-benar keluhan itu ternyata banyak. Sehingga anak-anak banyak yang tidak betah belajar. Bukan karena dia tidak mau, tapi karena matanya mengalami masalah, sehingga dia matanya perih, kering, kemudian kadang menjadi kabur," kata dr. Timmy.

Sedangkan pada kalangan orang dewasa, khususnya yang bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home), dr. Timmy menuturkan bahwa kebanyakan keluhan datang dari mereka yang sudah berkacamata. Adanya keterbatasan mobilitas saat pandemi membuat banyak orang tidak segera mengganti lensa kacamatanya yang sudah tidak nyaman.

"Kacamatanya mungkin sudah tidak nyaman, sehingga akhirnya waktu bekerja dia paksa pakai kacamata itu atau dia akhirnya lepas sehingga matanya menjadi tidak nyaman dan cepat lelah akhirnya muncul tadi, Computer Vision Syndrome itu," tutur dr. Timmy.

Tonton tayangan e-Life dengan tema 'Mata Merana karena WFH' selengkapnya di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(gah/gah)