Selasa, 03 Agu 2021 17:46 WIB

Harimau Ragunan Kena Corona, Ini Pesan Satgas Soal Hewan Peliharaan di Rumah

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Baru-baru ini, muncul kabar soal temuan 2 ekor harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan terpapar virus Corona. Satgas COVID-19 menegaskan, kabar ini tak perlu dikhawatirkan masyarakat sebab hingga kini, belum ada bukti virus Corona bisa menular dari hewan ke manusia.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, menegaskan, hingga kini telah ditemukan 500 kasus infeksi Sars-CoV-2 pada 10 spesies hewan di 3- negara. Data tersebut berdasarkan laporan yang diterima Office of International Epizootics (OAI) selaku organisasi kesehatan hewan dunia.

"Penting untuk diketahui, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukan hewan yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus ke manusia," ujar Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/8/2021).

Ia mengingatkan, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan tak perlu khawatir. Di samping tak ada bukti hewan bisa menularkan virus Corona pada hewan, masyarakat masih bisa mengupayakan sejumlah langkah untuk memproteksi hewan peliharaan.

"Masyarakat pemilik hewan diimbau untuk tidak panik dan selalu merawat serta memenuhi kesejahteraan hewan peliharaan. Hindari kontak dengan hewan peliharaan ketika sedang terinfeksi COVID-19. Kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin, serta periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukan gejala," pungkas Prof Wiku.

(vyp/up)