Rabu, 04 Agu 2021 12:35 WIB

Mengenal FODA, Fenomena Takut Pacaran Gegara Pandemi COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi fokus Wolipop, wanita sedih Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hidup orang, salah satunya dalam membangun hubungan asmara. Tak sedikit di antara mereka yang menjadi takut untuk memulai hubungan asmara dengan orang lain.

Fenomena ini dikenal sebagai FODA atau fear of dating again alias takut pacaran. Tren ini terjadi akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, serta adanya social distancing dan pembatasan kegiatan di luar rumah, membuat mereka takut memulai interaksi sosial dan menjalin hubungan romantis.

Seperti dialami pria asal New York, Eric Buttleman (26). Ia mengaku kehilangan rasa semangat untuk membangun hubungan asmara dengan orang lain.

"Selama lockdown, sebenarnya saya melakukan banyak obrolan dengan para wanita secara online. Namun, semuanya tak berakhir menjadi kencan, karena tidak ada perasaan di dalamnya," ucap Buttleman, dikutip dari New York Post.

Contoh FODA lain juga dialami seorang wanita asal Astoria bernama Daniella Orellana (30). Ia mengaku kini mudah meragukan pesona seseorang, bahkan sebelum bertemu secara langsung.

Merasa bingung dengan dirinya sendiri, Orellana mengatakan apakah dirinya perlu melakukan kencan?

"Teman saya bertanya, 'apa kamu tahu kalau ada pria yang menyukaimu?', tapi anehnya saya tidak lagi bisa memahami hal seperti itu," ujar Orellana.

Apa penyebab FODA?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh situs kencan Hinge, lebih dari setengah penggunanya mengalami FODA yang menyebabkan mereka tidak yakin untuk memulai kencan.

Dalam riset ini ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami FODA, salah satunya adalah banyak orang yang terlalu berpikir secara berlebihan dalam membangun suatu hubungan, sehingga mereka menjadi malas untuk berkencan.

"Sebelum pandemi COVID-19, orang-orang memilih untuk berkencan karena itu adalah hal yang wajar. Orang-orang pergi ke luar untuk mencoba membangun relasi," ucap Rachel DeAlto, Chief dan Dating Expert dari aplikasi kencan Match.

Namun, kebiasaan ini sudah lama tidak dilakukan selama pandemi COVID-19, orang-orang mulai merasa takut untuk membangun hubungan baru dan menimbulkan FODA.



Simak Video "Pemerintah Siapkan Skenario Ubah Pandemi Jadi Endemi di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)