Rabu, 04 Agu 2021 15:00 WIB

Masker 'Origami' di Olimpiade Tokyo Curi Perhatian, Mirip Bane Musuh Batman

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Tim Olimpiade dari Amerika Serikat (AS) tampil serasi menggunakan seragam putih dilengkapi masker putih yang didesain secara khusus.

Dikutip dari laman Insider, masker yang digunakan oleh kontingen Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo ini memiliki bentuk lipatan seperti origami. Rupanya, masker tersebut buatan apparel olahraga terkenal yaitu Nike.

Sayangnya, masker unik ini ternyata tidak memberikan perlindungan efektif layaknya masker medis. Masker ini diklaim sebagai masker yang tidak membuat sesak, nyaman, dan bisa dicuci.

Pakar tekstil dan profesor terkemuka University of California, You-Lo Hsieh, mengatakan bahwa meskipun desainnya unik, masker buatan Nike ini tidak akan menghalangi aerosol yang mengandung virus Corona.

Masker ini dibandrol seharga 60 dolar AS atau setara dengan Rp 858 ribu, namun belum dijual bebas di pasaran. Masker runcing ini dibuat Nike dengan desain khusus yang disebut sebagai Nike Venturer.

Masker yang dipakai kontingen AS ini juga disebut-sebut mirip dengan topeng yang dipakai Bane, karakter musuh yang ada di komik Batman.



"Saya pikir masker dirancang agar nyaman dan memenuhi estetika seragam," kata Jon Mason, juru bicara Komite Olimpiade & Paralimpiade AS.

Sementara itu, Nike mempunyai penjelasan mengenai spesifikasi masker dengan desain jaring ini. Mereka menyebut masker ini dirancang khusus untuk olahraga.

"Tali pada masker pertama Nike dibuat untuk sirkulasi udara yang optimal. Dirancang untuk olahraga, bantalan hidung bawaan, dan sisipan dagu," tulis Nike di situs resminya.

Nike juga mengatakan, masker tersebut tidak dimaksudkan sebagai alat pelindung diri, bahkan kualitasnya pun belum diuji dengan standar medis. Ini berarti, meskipun memiliki sirkulasi yang bagus, masker ini tidak dapat melindungi diri secara efektif.

(ayd/kna)