Senin, 09 Agu 2021 06:39 WIB

Apakah Mimisan Termasuk Gejala COVID-19? Ini yang Diketahui Saat Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Young woman getting a bloody nose Foto: Getty Images/iStockphoto/maroke
Jakarta -

Berbagai keluhan sehari-hari seperti ruam hingga sakit kepala belakangan dikaitkan juga dengan gejala COVID-19. Mimisan alias perdarahan di rongga hidung termasuk nggak sih?

Tidak bisa dipungkiri, ilmu pengetahuan terus berkembang. Dari waktu ke waktu, selalu muncul gejala baru yang dikaitkan dengan COVID-19. Tidak heran jika banyak yang penasaran, jangan-jangan semua keluhan akan menjadi gejala COVID-19.

Tapi tenang, sejauh ini, para dokter belum menemukan kasus mimisan yang berhubungan dengan gejala COVID-19. Setidaknya, tidak secara langsung berhubungan.

Pakar infeksi dari John Hopkins Center for Health Security, Amesh A Adalja, MD, mengaku belum menemukan mimisan sebahai gejala COVID-19 pada pasiennya. Namun sebagai efek samping gejala lain, bisa jadi berhubungan.

"Jelas, kalau seseorang punya gejala di hidung dan mendegkus kuat-kuat, maka bisa berdarah," katanya dikutip dari Health.com.

"Kami melihat orang mimisan dengan infeksi virus pernapasan lain, jadi ini tidak mengejutkan," lanjut dr Adalja.

Menurut para pakar, seseorang yang cuma mimisan tanpa gejala lain, kecil kemungkinannya sedang mengalami gejala COVID-19. Namun jika disertai gejala infeksi seperti demam dan batuk, maka tidak ada salahnya memeriksakan diri.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)