Senin, 09 Agu 2021 14:55 WIB

4 Makanan Rekomendasi Ahli Gizi untuk Pasien COVID-19 Agar Lekas Sembuh

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Cutting vegetables Makanan kaya nutrisi baik dikonsumsi pasien Corona agar lekas sembuh. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Selain mengonsumsi obat-obatan, makanan yang bergizi adalah kunci utama agar pasien Covid dapat segera pulih. Ahli Gizi Winda Ekayanti, MND, APD merekomendasikan setidaknya 4 makanan yang baik dikonsumsi pasien COVID-19 agar lekas sembuh.

Meski tidak ada jenis makanan yang spesifik, pada dasarnya tubuh membutuhkan nutrisi yang baik agar kuat melawan COVID-19. Berikut adalah 4 rekomendasi makanan untuk pasien COVID-19.

1. Makanan tinggi protein

Protein dapat membantu untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak karena terserang virus. Selain itu, protein yang berfungsi sebagai zat pembangun sel juga bisa menjaga sel imun tubuh.

Makanan yang bagus dikonsumsi adalah sumber protein hewani dan nabati dengan total 60-120gram per hari.

Contoh protein hewani adalah daging merah, ikan, ayam, telur, dan produk susu. Susu sapi boleh dikonsumsi dalam satu hari maksimal 0,5 liter atau 500 ml.

Sementara protein nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Sebaiknya, konsumsi kacang yang tidak digoreng dengan porsi sekali makan sebanyak 30 gram.

Sumber protein lainnya omega-6 dari lemak nabati yang bisa didapatkan dari minyak-minyak yang berasal dari biji-bijian atau tumbuhan, seperti biji bunga matahari, kelapa sawit, minyak biji kapas (cotton seed oil) yang sering dipakai untuk memasak dengan suhu tinggi. Sumber lainnya adalah minyak jagung dan minyak kacang kedelai.

2. Makanan tinggi vitamin dan mineral

Makanan tinggi vitamin dan mineral didapat dari sumber nabati, sayur, dan buah-buahan. WHO menyarankan konsumsi makanan seimbang, yaitu buah-buahan sekitar 2 porsi dan sayuran sekitar 5 porsi per hari.

Vitamin dan mineral didapat dari sayuran hijau, polong-polongan, dan berbagai jenis buah-buahan. Pastikan buah tersebut tidak mengandung kadar gula tinggi, bukan makanan kaleng, atau buah kering.

3. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Sumber karbohidrat kompleks bisa diperoleh dari biji-bijian dan umbi-umbian, seperti beras, singkong, talas, kentang, dan oat gandum.

Beberapa makanan tersebut mengandung serat yang baik untuk mikrobioma usus atau bakteri baik di sistem pencernaan.

4. Konsumsi cairan yang cukup

Selain makanan bergizi, kita juga perlu memenuhi asupan cairan saat terinfeksi virus COVID-19. Orang dewasa membutuhkan sekitar 2,5 liter cairan setiap hari.

Air putih adalah cairan terbaik yang harus dikonsumsi. Namun jika Anda bosan, Anda bisa meminum air kelapa, teh hijau, infused water yang ditambahkan potongan buah-buahan, atau empon-empon dari campuran rempah seperti jahe dan kayu manis.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Saat Terpapar Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)