Senin, 09 Agu 2021 20:36 WIB

PPKM Lanjut Sepekan, Luhut: Puncak Corona Sudah Tercapai di 15 Juli

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Menko Marves) Foto: Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Menko Marves)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengumumkan PPKM Level 4, 3, dan 2 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Hal ini berdasarkan pertimbangan kasus COVID-19 dan keterisian hunian bed pasien COVID-19 atau bed occupancy rate (BOR) beberapa waktu belakangan sudah menurun.

"Dari data yang didapat penurunan telah terjadi hingga 59,6 persen dari puncak kasus di tanggal 15 juli 2021 lalu," beber Luhut dalam pernyataan konferensi pers PPKM Darurat Senin (9/8/2021).

"Momentum yang sudah cukup baik ini harus terus dijaga," sambungnya.

Meski begitu, di pulau Jawa Bali disebut Luhut masih ada dua daerah yang mencatat laju penularan tinggi kasus COVID-19 dan pemerintah akan melakukan intervensi di dua wilayah tersebut yaitu Malang Raya dan Bali.

"Masih ada masalah di Malang Raya dan juga di Bali untuk itu pemerintah akan mengintervensi dua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus," kata dia.

Luhut mengklaim, selain kasus positif COVID-19, kasus kematian COVID-19 juga menurun, meskipun di beberapa wilayah masih terjadi naik turunnya kasus COVID-19.

"Selain jumlah kasus laju jumlah kematian semakin menurun, meskupingkondisinya masih flutuatif di beberapa provinsi," sambung dia.

"Kami temukan adanya input data yang merupakan akumulasi kematian sehingga menimbulkan distorsi dalam penilaian," pungkasnya.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)