Rabu, 11 Agu 2021 07:43 WIB

4 Cara Biar Gak Takut Jarum Suntik Saat Divaksin COVID

Erika Dyah - detikHealth
Frightened face of a man and a syringe - fear of injection. Foto: Getty Images/iStockphoto/miqul
Jakarta -

Kegiatan vaksinasi di Tanah Air semakin dipercepat dan diperluas jangkauannya untuk dapat membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Diketahui, per 10 Agustus 2021 angka vaksinasi ke-1 di Indonesia telah menjangkau 51.195.551 masyarakat sementara untuk vaksinasi ke-2 telah dilakukan pada 24.897.580 orang.

Kendati demikian, beberapa orang masih belum dapat melaksanakan vaksinasi misalnya mereka yang baru saja terinfeksi COVID-19, wilayahnya belum mendapat stok vaksinasi yang cukup, atau mereka yang masih takut melakukan vaksinasi karena takut akan jarum suntik.

Melansir Indonesiabaik.id, ada jenis phobia yang berkaitan erat dengan vaksinasi COVID-19 yakni Trypanophobia atau ketakutan jarum suntik. Sebab, vaksinasi COVID-19 dilakukan melalui proses injeksi cairan ke dalam tubuh melalui jarum suntik. Ketakutan ini biasanya muncul ketika seseorang berhadapan langsung dengan hal-hal yang melibatkan jarum suntik.

"Umumnya, pengidap takut jarum suntik akan merasa takut terhadap tindakan medis, yang menyebabkan jantung mereka berdebar dan panik saat menunggu giliran pemeriksaan medis," dikutip dari Indonesiabaik.id, Rabu (11/8/2021).

Ketakutan ini bisa menimbulkan gejala seperti jantung berdebar kencang, pusing, mual, berkeringat dingin, gelisah, dan bahkan bisa sampai pingsan. Meski demikian, bukan berarti tak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketakutan ini. Berikut 4 langkah yang dapat Anda lakukan untuk atasi ketakutan jarum suntik menjelang vaksinasi.

1. Katakan pada petugas medis

Jika Anda memiliki ketakutan ini, ada baiknya untuk mengatakan dengan jujur kepada tim medis menjelang vaksinasi. Sehingga, tim medis dapat memberikan langkah perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati.

2. Lakukan Applied Tension

Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini selama 3x sehari selama 1 minggu sebelum tindakan vaksinasi, adapun poin tersebut di antaranya.

- Duduk dengan nyaman, kemudian lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki selama 10-15 detik.

- Perbaiki posisi duduk jadi lebih tegak selama 20 detik dan ulangi gerakan untuk melemaskan otot-otot.

3. Latihan Pernapasan

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi phobia jarum suntik ialah dengan melakukan latihan pernapasan. Anda bisa duduk nyaman dengan posisi punggung tegak sebelum melakukan latihan ini.

Kemudian letakkan satu tangan di depan perut dan ambil napas panjang dari hidung. Keluarkan napas secara perlahan lewat mulut dan lakukan cara ini berulang untuk melatih pernapasan Anda.

4. Hadapi Ketakutan

Meski sulit, Anda tetap harus menghadapi ketakutan ini agar bisa mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin. Anda bisa coba sugesti pikiran bahwa jarum yang menusuk rasanya tidak sesakit yang dipikirkan.

Mulai atur pikirkan bahwa rasa sakit dari jarum suntik hanya setara dengan gigitan semut atau cubitan tangan dan ingat kembali efek setelah disuntik yang besar manfaatnya bagi diri Anda.

Itu tadi 4 langkah yang bisa Anda coba untuk dapat mengatasi ketakutan jarum suntik menjelang vaksinasi. Jangan lupa juga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan meski telah divaksin agar dapat mencegah penularan virus COVID-19.



Simak Video "Vaksinasi Berbayar Dikritik, Kini Dibatalkan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/up)