Kamis, 12 Agu 2021 07:43 WIB

3 Alasan Makan Bersama Bisa Tingkatkan Risiko Penularan COVID-19

Inkana Putri - detikHealth
Friend clinking glasses above dinner table Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pemerintah terus melakukan berbagai upaya guna menekan penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan pembatasan dine in di restoran dengan kapasitas maksimal 25% untuk daerah PPKM Level 4 dan 50% untuk PPKM Level 3.

Melansir situs resmi covid.go.id, aktivitas makan bersama memang dapat membawa potensi penularan COVID-19 lebih tinggi. Adapun hal ini dapat disebabkan oleh tiga hal seperti berikut.

1. Lepas Masker

Saat aktivitas makan bersama, Anda tentunya akan melepas masker untuk makan begitu pun dengan pengunjung lainnya. Padahal, masker menjadi salah satu alat pelindung diri terpenting yang dapat mencegah diri dari paparan virus. Saat masker dibuka, virus pun tentunya juga akan lebih mudah untuk menginfeksi tubuh.

2. Lupa Jaga Jarak

Beberapa tempat makan terkadang tak selalu menerapkan protokol kesehatan jaga jarak. Selain itu, banyak masyarakat juga terkadang lupa menerapkan jaga jarak saat makan bersama. Terlebih sebagian orang menganggap makan bersama dengan teman, keluarga, atau kerabat merupakan aktivitas yang aman. Hal-hal inilah yang juga menambah risiko penularan virus.

3. Makan Sambil Ngobrol

Makan bersama tentu identik dengan acara ngobrol. Padahal, aktivitas ini dapat menyebabkan droplet bertebaran di sekitar kita. Jika terdapat orang yang positif COVID-19 tanpa gejala, ini tentu akan mempermudah virus menyebar dan penularan COVID-19 dapat terjadi.

"Ditambah kita belum tahu pasti kondisi kesehatan teman makan kita saat itu, menambah risiko penyebaran COVID-19," tulis keterangan di website resmi covid19.go.id, dilansir pada Kamis (12/8/2021).

Oleh karena itu, agar lebih aman, pastikan selalu jaga jarak dengan orang lain dan tidak mengobrol saat makan. Jika ada makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makan terpisah khusus untuk mengambil makanan.

"Mengobrolnya bisa dilanjutkan setelah selesai makan dan kita kembali mengenakan masker," tambah keterangan resmi covid19.go.id.

(akn/ega)