Jumat, 13 Agu 2021 13:09 WIB

Hindari Masalah Jantung, Lakukan 4 Hal Ini!

Yudistira Perdana Imandiar - detikHealth
Makanan untuk kesehatan jantung Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan jantung merupakan hal krusial yang mesti diperhatikan oleh setiap individu. Sebab, masalah pada kerja jantung dapat berakibat fatal.

WHO melaporkan di tahun 2019 penyakit jantung menyebabkan kematian 8,9 juta penduduk dunia. Penyakit ini menjadi yang paling banyak merenggut nyawa.

Masalah jantung disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena faktor genetik tapi tak sedikit juga yang diakibatkan gaya hidup yang buruk. Namun, seyogianya penyakit ini dapat dihindari dengan pola hidup yang baik.

Melansir Health, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut ulasannya.

Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik saat berolahraga akan membuat peredaran darah lebih lancar dan membuang kolesterol jahat yang dapat menyumbat jantung. American Heart Association (AHA) merekomendasikan setiap individu setidaknya melakukan 150 menit olahraga intensitas sedang setiap pekan.

Segala bentuk olahraga, seperti jogging, bersepeda, berenang baik untuk kesehatan jantung selama dilakukan dengan intensitas yang tidak berlebihan.

Hindari Rokok

Sudah jadi pengetahuan mendasar, rokok merupakan salah satu penyebab masalah jantung. Sebab, merokok menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga memberatkan kerja jantung. Perlahan hal itu akan menimbulkan kerusakan pada bagian-bagian jantung, dan berakibat pada kegagalan jantung memompa darah.

Istirahat Cukup

Ketika manusia tidur, kerja jantung menjadi lebih ringan. Maka bisa dipahami, saat tubuh dipaksa terus terjaga jantung harus bekerja ekstra yang membuatnya menjadi lelah. Oleh sebab itu, orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam sehari untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh termasuk jantung.

Kendalikan Stres

Saat stres, tekanan darah akan meningkat, denyut nadi dan jantung juga akan meningkat. Hal itu akan meningkatkan risiko adanya robekan di pembuluh darah dan menyebabkan munculnya gumpalan serta penyempitan di pembuluh darah.

Stres juga dapat membuat seseorang lebih ingin merokok, minum alkohol dan bermalas-malasan. Hal ini juga menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Untuk mengurangi rasa stres, lakukanlah kegiatan-kegiatan positif dan aktif bergerak. Olahraga bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi stres. Bisa juga dengan menonton film atau video streaming untuk menenangkan pikiran dan keluar dari penyebab stres.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G dapat menjadi one stop solution untuk pengguna menjaga kesehatan menghindari risiko penyakit jantung. Untuk mengusir stress, kehadiran Flex Mode di Galaxy Z Flip3 5G memungkinkan pengguna menyaksikan tayangan film atau video dari layar Galaxy Z Flip3 5G yang bisa dibuka dalam rentang 90 derajat atau sesuai kebutuhan dan dapat diletakkan di permukaan meja dengan mudah.

Samsung Galaxy Z Flip3Samsung Galaxy Z Flip3 Foto: dok. Samsung

Berkat kemampuan IPX8, Galaxy Z Flip3 5G aman untuk digunakan di tempat-tempat yang mungkin membuatnya terpapar air. Seperti menonton film sambil berendam di bathtub atau menonton sembari memasukkan kaki ke kolam renang untuk menciptakan suasana santai dan nyaman.

Galaxy Z Flip3 5G yang diintegrasikan dengan Samsung Galaxy Watch4 dapat memantau kadar oksigen dalam darah serta intensitas tidur harian pengguna. Dengan begitu, pengguna dapat memantau efektivitas tidurnya untuk hidup yang lebih sehat dan bugar.

Smartphone ini menjadi generasi Galaxy Z Series yang membawa teknologi dari Galaxy Note Series yaitu fungsi S Pen. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable, sehingga cocok untuk Anda yang multitasking.

Anda bisa memiliki smartphone ini mulai dari Rp 14.999.000. Smartphone ini didukung prosesor Snapdragon 888 yang dapat diandalkan untuk menjalankan bisnis Anda. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 128 GB/ 256 GB.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G juga membawa layar internal Infinity Flex Display berukuran 6,7 inci. Pandangan pun akan semakin luas tanpa gangguan notch maupun punch hole berkat teknologi terbaru kamera Under Display. Layar ini juga sudah dilengkapi Dynamic AMOLED 2X Display dengan refresh rate mencapai 120Hz.

Samsung membuat ponsel lipat ini dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan untuk lebih mudah dibawa ke mana-mana. Samsung Galaxy Z Flip3 5G tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Cream, Green Lavender, Phantom Black, Gray, White, dan Pink.

Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 5G akan tersedia secara pre-order mulai dari 11 Agustus 2021 dan akan diluncurkan pada 27 Agustus 2021 di sejumlah kawasan seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan.

Setiap pre-order yang dilakukan untuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 5G, pengguna akan mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut ini.



Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)