Senin, 16 Agu 2021 14:35 WIB

Seperti Gita Savitri, Psikolog Beberkan Alasan Orang Enggan Punya Anak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
hijabers gita savitri Foto: Instagram
Jakarta -

YouTuber Gita Savitri belakangan menjadi sorotan usai mengungkap alasannya tak ingin memiliki anak. Menurut dia, mempunyai seorang anak adalah sebuah pilihan hidup dengan tanggung jawab yang besar.

Gita menjelaskan perlu ada persiapan matang saat memutuskan memiliki anak. "IMO (Menurut pendapatku) lebih gampang gak punya anak daripada punya anak. Karena banyak banget hal preventif yang bisa dilakukan untuk tidak punya anak," jawab Gita saat ditanya netizen bagaimana perasaannya jika suatu saat dikaruniai anak.

Psikolog Rahma Nuzulia Tristinarum mengungkap fenomena memilih tidak punya anak atau yang kerap disebut childfree cukup banyak ditemukan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan di balik keputusan tersebut.

Salah satunya ialah faktor pergaulan. Rahma menuturkan, pergaulan dengan mudah mempengaruhi cara berpikir seseorang, bahkan bisa membentuk suatu prinsip yang sebelumnya sama sekali tak terpikirkan.

"Di Indonesia mungkin hal ini belum bisa diterima. Namun, di beberapa negara lain, konsep seperti ini sudah dianggap wajar," jelas dia saat dihubungi detikcom Senin (16/8/2021).

Di luar pergaulan, pengalaman traumatis juga bisa menjadi pemicunya. Ada kalanya seseorang yang diperlakukan tidak baik oleh orang tua di masa lampau, tak ingin memiliki anak yang kemungkinan akan menerima perlakuan yang sama.

Gambaran 'keluarga bahagia' tentu tidak dilalui semua orang. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu seseorang memutuskan childfree.

"Saat kecil diperlakukan kasar, disakiti, diabaikan, oleh orang tua atau pengasuh pengganti sehingga membentuk prinsip untuk apa anak hadir jika si anak harus terluka atau terabaikan?" ungkap Rahma memberi gambaran.

Kondisi-kondisi lainnya meliputi:

  • Risiko medis saat memiliki anak
  • Keinginan bersama pasangan menjadi kesepakatan bersama
  • Belum siap menjadi orang tua, masih ingin meniti karir dan menikmati kehidupan sendiri.


Simak Video "Pertimbangan DPR Dorong Booster Pakai Vaksin Dalam Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)