Rabu, 18 Agu 2021 17:46 WIB

Inovasi Terbaru Masker Khusus Sahabat Tuli

Sponsored - detikHealth
Masker Bowin Foto: Bowin
Jakarta -

Tahukah anda sahabat tuli merupakan kelompok yang terlupakan selama pandemi ini. Bayangkan ketika sahabat tuli bepergian ke supermarket, bank, rumah sakit dan bandar udara. Semua orang memakai masker menutupi bibir sehingga sangat menyulitkan komunikasi.

Sahabat tuli sangat mengandalkan komunikasi melalui bahasa isyarat dan membaca gerak bibir lawan bicara. Sedangkan saat pandemi ini memaksa semua orang memakai masker dan ditambah lagi sejak dari awal di Indonesia tidak ada satupun pelayan publik pemerintah maupun swasta yang cakap bahasa isyarat. Sebut saja Amerika, yang mewajibkan pelajaran bahasa isyarat (American Sign Language) sejak pendidikan sekolah dasar.

Melihat keprihatinan tersebut, Aktivis Tuli, Juru Bahasa Isyarat sekaligus aktor, Surya Sahetapy menginisiasi pembuatan masker khusus sahabat tuli dengan Bowin Indonesia.

"Saya sangat prihatin dengan kondisi teman-teman tuli di Indonesia yang kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena komunikasi nya sangat terhambat dan belum ada solusi yang konkret," ujar Surya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Sembari menempuh pendidikan di Amerika, banyak contoh-contoh masker yang bisa di adopsi. Kebanyakan masker khusus tuli dibuat hanya transparan penuh semuanya. Tujuan adanya bagian transparan ini agar memudahkan membaca gerak bibir. Namun ini menimbulkan masalah karena orang yang memakai masker tidak dapat nafas dan sering sekali berembun.

Setelah melalui banyak sekali percobaan dan waktu untuk uji coba masker, akhirnya tim dari Bowin Indonesia membuat masker kain kombinasi dengan mika transparan di bagian tengah. Adapun bagian kain nya memiliki total 4 lapisan sehingga udara dapat masuk dan tersaring dengan baik. Serta bagian mika di bagian tengah dibuat cukup lebar 5.5 x 9.5cm, sehingga bagian bibir dapat dilihat dengan jelas.

Bentuknya juga memiliki design 4D, yang membuat ada jarak antara bibir dengan kaca mika sehingga tidak membuat sesak nafas dan juga tidak berembun. Selanjutnya juga terdapat stopper dibagian earloop sehingga ukuran dapat disesuaikan hingga nyaman. Yang terpenting juga masker ini bisa dicuci dan digunakan berulang kali sehingga lebih ekonomis untuk pemakaiannya.

"Kami berkomitmen memberikan solusi inovatif untuk perlindungan udara bagi sahabat tuli dan yang paling penting juga kami akan melakukan donasi masker bagi sahabat tuli yang pra-sejahtera, beli 1 = donasi 1 masker," pungkas Founder Bowin Indonesia Edwin Tanbowi.

Ayo ikuti gerakan #MaskerSahabatTuli ini sehingga memudahkan sahabat tuli untuk berkomunikasi sehari-hari di tengah pandemi ini.

(Content Promotion/Bowin)