Jumat, 20 Agu 2021 11:46 WIB

Presiden AS Bakal Terima Dosis Ketiga Vaksin COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Joe Biden (Brendan Smialowski/AFP/Getty Images) Joe Biden. (Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden akan menerima dosis ketiga vaksin COVID-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Rencana Biden datang setelah pemerintah AS disebut akan memberikan booster kepada seluruh warga AS pada September mendatang.

"Kami akan menerima vaksin booster," kata Biden dalam wawancaranya dengan ABC News, dikutip dari Reuters, Jumat (20/8/2021).

Rencana penyuntikan dosis ketiga bagi warga AS ini dilaksanakan meski jutaan penduduk Negeri Paman Sam itu belum mendapat dosis pertama vaksin COVID-19. Dalam skala global bahkan masih banyak populasi di dunia yang masih menunggu pasokan vaksin COVID-19.

Pejabat kesehatan AS membela rencana pemerintah untuk menawarkan perlindungan tambahan kepada orang Amerika terhadap virus dengan dosis vaksin lain, dengan mengatakan mereka masih dapat menyumbangkan jutaan dosis di seluruh dunia dan terus mendorong orang untuk mendapatkan suntikan pertama mereka.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) Rochelle Walensky mengatakan data menunjukkan perlunya perlindungan lebih lanjut di tengah varian Delta dan berkurangnya efektivitas vaksin dari waktu ke waktu, meskipun tidak jelas seberapa sering suntikan penguat COVID akan diperlukan di masa depan.

"Kami tahu kami membutuhkan booster sekarang ... tapi saya rasa kami tidak akan melakukan ini terus menerus," katanya kepada program 'News Today' NBC News.



Simak Video "Joe Biden Prediksi Adanya Peningkatan Kasus Covid-19 di Awal 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)