Minggu, 22 Agu 2021 11:35 WIB

Aurel Hermansyah Hamil, Kapan Rahim Siap Dibuahi Setelah Keguguran?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah aktif lagi Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Aurel Hermansyah dikabarkan hamil lagi setelah sempat mengalami keguguran. Kabar bahagia ini diumumkan Atta Halilintar melalui unggahan video pendek di akun Instagram Atta Halilintar.

Saat ini, kandungan Aurel sudah memasuki trimester kedua atau 4 bulan. Seperti diketahui, Aurel pernah mengalami keguguran di kehamilan pertamanya. Lantas, kapan sebenarnya rahim siap dibuahi setelah keguguran?

[Gambas:Instagram]

Dikutip Mayoclinic, Minggu (22/08/2021), rahim siap dibuahi dua minggu setelah keguguran. Biasanya, hubungan seks tidak dianjurkan selama dua minggu setelah mengalami keguguran untuk mencegah terjadinya infeksi.

Selain itu, pasangan berduka akan merasakan guncangan emosi, seperti rasa kehilangan, kesedihan, kecemasan atau rasa bersalah sehingga tidak dianjurkan untuk terburu-buru dalam proses kehamilan.

Jika pasangan sudah secara siap secara emosional dan fisik untuk kehamilan setelah keguguran, konsultasikan dulu dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan terkait kehamilan.

Dokter atau penyedia layanan kesehatan mungkin akan merekomendasikan pasangan untuk tidak menunda kehamilan setelah mengalami 1 kali keguguran dan merekomendasikan pemeriksaan jika mengalami 2 kali keguguran.

Apa yang menyebabkan keguguran?

Keguguran adalah berhenti atau hilangnya kehamilan secara mendadak sebelum memasuki minggu ke-20. Sebagian besar keguguran terjadi karena janin tidak berkembang secara normal.

Masalah dengan kromosom (kumpulan DNA) bayi menyebabkan sekitar 50 persen keguguran dini. Seringkali, masalah kromosom terjadi secara kebetulan saat embrio membelah dan tumbuh. Kondisi ini umum terjadi seiring bertambahnya usia wanita.

Faktor lain yang bisa menyebabkan keguguran, yaitu kondisi kesehatan, seperti diabetes yang tidak terkontrol dengan baik atau masalah kesehatan pada rahim. Seringkali penyebab keguguran tidak diketahui.

Bagaimana mencegah keguguran?

Hingga saat ini, belum ada cara khusus untuk mencegah keguguran. Saat berada dalam masa kehamilan, ibu hamil harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi vitamin prenatal atau suplemen asam folat setiap hari atau idealnya beberapa bulan sebelum pembuahan. Selain itu batasi konsumsi kafein dan hindari minum alkohol, merokok dan menggunakan obat-obatan terlarang saat hamil.



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)