Minggu, 22 Agu 2021 18:31 WIB

Wagub DKI Sebut Jakarta Sudah Zona Hijau, Ini Data Satgas COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Operasi disinfeksi Corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan dilakukan di kawasan Monas. Hal itu dilakukan untuk sterilisasi lokasi jelang dibuka kembali. (Foto ilustrasi: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Ibu Kota sudah berstatus zona hijau COVID-19. Perubahan zonasi ini disebut sejalan dengan percepatan vaksinasi di DKI Jakarta.

"Kita bersyukur Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity," kata Riza di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, dikutip dari ANTARA, Minggu (22/8/2021).

Riza menyebut status zona hijau didapatkan berkat penurunan kasus positif dari hari ke hari. Selain itu ia juga mengatakan herd immunity atau kekebalan kelompok telah terbentuk akibat vaksinasi COVID-19.

Riza turut melaporkan capaian program vaksinasi COVID-19 di Jakarta. Sejauh ini warga telah menerima 9,3 juta dosis pertama dan 4,7 juta dosis kedua vaksin COVID-19.

"Dosis 1 dan 2 sudah lebih dari 14 juta. Kita sudah melebihi target jauh dari 8,8 juta," jelasnya.

Jakarta sudah zona hijau COVID-19.Jakarta sudah zona hijau COVID-19. Foto: SS: covid19.go.id

Data Satgas COVID-19

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 yang diakses melalui situs covid19.go.id pada Minggu (22/8/2021), mayoritas wilayah DKI Jakarta masih berada dalam kategori zona oranye atau risiko sedang penularan COVID-19.

Hanya Kepulauan Seribu yang masuk kategori zona kuning atau risiko rendah penularan Corona.

Meski demikian, DKI Jakarta memang mengalami perubahan positif dalam penanganan COVID-19. Sejak sepekan lalu, DKI Jakarta sudah tidak masuk zona merah COVID-19.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)