Senin, 23 Agu 2021 20:34 WIB

Menko Luhut Sebut PPKM Terus Berlaku Selama Pandemi COVID-19

Vidya Pinandhita - detikHealth
PPKM Jawa Barat Sampai Tanggal Berapa? Wajib Tahu! Foto: Ismet Selamet
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut, PPKM masih akan terus berlangsung selama RI masih menghadapi pandemi COVID-19.

Menurutnya, pelonggaran aturan PPKM beberapa hari terakhir meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Meski hal tersebut menandakan aktivitas ekonomi masyarakat berjalan, ia menegaskan masyarakat untuk tetap waspada karena kondisi tersebut bisa menjadi potensi penyebaran kasus COVID-19.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa PPKM ini akan terus berlaku selama pandemi karena ini adalah alat kita untuk menyeimbangkan pengendalian COVID-19 dengan ekonomi atau penciptaan lapangan kerja buat masyarakat," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8/2021).

"Penentuan level menyesuaikan kondisi masing-masing daerah dan berlaku 1 hingga 2 minggu sekali berdasarkan rapat evaluasi yang dipimpin langsung oleh presiden setiap minggunya," lanjut Luhut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia menurun 78 persen sejak puncaknya pada 15 Juli 2021, sementara keterisian RS (BOR) kini sukses ditekan hingga mencapai 33 persen.

Untuk itu, PPKM diperpanjang hingga 30 Agustus 2021 dengan penurunan satu level, terutama di kawasan Jawa-Bali.

"Untuk pulau Jawa dan Bali wilayah aglomerasi Jabodetabek dan Bandung Raya, Surabaya Raya, dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah bisa berada pada level 3 mulai 24 Agustus 2021," ujar Jokowi.

"Untuk pulau Jawa-Bali ada perkembangan yang cukup baik. Level 4 dari 67 kabupaten/kota berkurang menjadi 51 kabupaten/kota. Level 3 dari 59 kabupaten/kota menjadi 67 kabupaten kota. Dan level 2 dari 2 kabupaten kota menjadi 10 kabupaten kota," pungkasnya.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)