Rabu, 25 Agu 2021 12:15 WIB

BPOM Ungkap 3 Vaksin COVID-19 yang Bisa Dipakai untuk 12+

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jakarta -

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito, menyebut sejauh ini sudah ada 7 vaksin COVID-19 yang telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM. Sebanyak 3 vaksin di antaranya sudah bisa diberikan kepada kelompok usia di atas 12 tahun.

"Sejak Januari 2021 sampai dengan saat ini BPOM telah menerbitkan (EUA) 7 jenis vaksin, yaitu vaksin CoronaVac, vaksin produksi PT Bio Farma dengan bulk dari Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin AstraZeneca, vaksin Sinopharm, vaksin Moderna, vaksin Pfizer, dan terakhir vaksin Sputnik-V," kata Penny di rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (25/8/2021).

Menurut Penny, setiap vaksin ini memiliki proses yang berbeda-beda dalam pemberian EUA. Misalnya, menggunakan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) apabila vaksin COVID-19 tersebut sudah mendapat emergency use listing (EUL) dari WHO.

"Alhamdulilah pada saat ini ada 7 jenis vaksin yang kami berikan EUA. Dari 7 vaksin tersebut ada 3 jenis vaksin yang telah dapat digunakan untuk anak usia 12 tahun," ujarnya.

Berikut daftar jenis vaksin COVID-19 yang sudah mendapat EUA dari BPOM.

  • Vaksin CoronaVac (Sinovac)
  • Vaksin COVID-19 PT Bio Farma
  • Vaksin Pfizer.
(ryh/naf)