Senin, 30 Agu 2021 15:45 WIB

Kim Jong Un Sakit Apa? Rumor Terbaru Ungkit Riwayat Kesehatannya

Ayunda Septiani - detikHealth
Korea Utara disebut tengah cari pengganti Kim Jong Un. Kabar pencarian penerus Kim Jong Un muncul di tengah kekhawatiran menurunnya kesehatan pemimpin Korut itu Kim Jong Un (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Korea Utara saat ini dikabarkan tengah mencari pengganti baru Kim Jong Un. Kabar pencarian untuk penerus Kim Jong Un itu muncul berbarengan dengan kekhawatiran menurunnya kesehatan pemimpin Korea Utara setelah berat badannya beberapa waktu lalu tampak turun drastis.

Kondisi kesehatan Kim Jong Un belakangan memang selalu jadi sorotan. Beberapa kali ia dirumorkan mengalami operasi jantung, bahkan sempat dikabarkan mengalami koma.

Berikut beberapa rumor yang beredar soal sakit Kim Jong Un. Sebenarnya sakit apa sih?

1. Makin kurus

Beberapa waktu lalu Kim Jong Un sempat jadi perbincangan karena foto terbaru dirinya menunjukkan dia makin kurus. Hal ini dilihat dari lingkar tali jam yang lebih kecil, mengindikasikan adanya penurunan berat badan yang cukup signifikan. Sehingga memunculkan spekulasi terkait berat badan Kim Jong Un.

Situs berita yang berbasis di Seoul, NK Nes, yang mempublikasikan foto terbaru Kim Jong Un dengan jam tangan mewah favoritnya. Dalam foto tersebut, lingkar tali jam yang dikenakannya tampak lebih kecil dibanding pada foto-foto sebelumnya.

Analis menyebut hal itu menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Intelijen Korea Selatan memperkirakan Kim Jong Un pada 2020 memiliki berat badan 140 kg dan mengalami peningkatan 6 hingga 7 kg per tahun, atau sudah bertambah 50 kg sejak 2011.

2. Rumor koma

Tak hanya disebut makin kurus, Kim Jong Un juga pernah dikabarkan koma. Hal ini pernah diungkap oleh seorang diplomat asal Korea Selatan, Chang Song Min.

"Saya menilai dia dalam kondisi koma, tapi hidupnya belum berakhir," jelas Song Min yang dikutip dari The Sun.

Koma merupakan kondisi tidak sadar yang berkepanjangan. Selama koma, seseorang tidak responsif terhadap lingkungan di sekitarnya.

3. Operasi jantung

Setelah rumor koma, kabar Kim Jong Un pernah operasi jantung juga ramai jadi perbincangan. Setelah beberapa waktu lalu dalam sebuah video yang beredar menunjukkan sebuah tanda di lengannya ramai disebut sebagai bekas luka operasi jantung.

Penampakan itu muncul dalam sebuah video saat Jong Un mengunjungi sebuah pabrik di Suncheon. Sebuah tanda di lengan kanannya, yang dalam foto-foto sebelumnya tidak ada, disebut-sebut merupakan bekas luka.

Mengutip NK News, sebuah situs yang didanai Amerika Serikat, media Inggris The Sun menyebut pakar medis telah mengamati video tersebut dan meyakini tanda tersebut berhubungan dengan 'prosedur kardiovaskular'.



Simak Video "Mereka yang Punya Komorbid Jantung Diminta Tetap Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)