Rabu, 01 Sep 2021 08:30 WIB

Benarkah Air Kelapa Bisa Redakan Efek Samping Vaksin? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Air Kelapa Tua Tak Kalah Nutrisinya dari Air Kelapa Hijau yang Diburu Saat Pandemi Foto: Getty Images/iStockphoto/Alex Liew
Jakarta -

Sebagian orang percaya mengonsumsi air kelapa setelah vaksinasi COVID-19 dapat membantu meredakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Disebutkan kandungan di dalam air kelapa dapat membuat demam cepat turun atau nyeri cepat hilang.

"Demam saya bisa cepat reda setelah mendapat dosis kedua vaksin dan rasanya juga jadi lebih berenergi," pengakuan seorang warga Singapura, Sheryll Lin, saat membeli air kelapa.

Tren yang sama juga tampaknya terjadi di Indonesia. Sempat beredar pesan viral yang menyebut konsumsi air kelapa dapat 'menetralkan' vaksin COVID-19 sehingga cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang khawatir terhadap efeknya.

dr Leong Choon Kit dari Mission Medical Clinic menjelaskan sebetulnya tidak ada hubungan khusus antara air kelapa dengan KIPI. Secara umum konsumsi cairan memang bisa saja membantu meredakan gejala peradangan.

"Jadi tidak harus spesifik air kelapa. Sup, minuman isotonik, air putih, dan minuman-minuman lainnya bisa membantu," kata dr Leong Choon Kit seperti dikutip dari The Straits Times, Selasa (1/9/2021).

Hal senada juga diutarakan oleh juru bicara program vaksinasi COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Lucia Rizka Andalusia. Menurutnya vaksin bukanlah racun sehingga konsumsi air kelapa tidak akan berefek apa-apa.

"Vaksin ini disuntikkan masuk ke otot lengan, sedangkan air kelapa diminum masuk ke lambung, jadi tidak ada hubungannya," tambah Lucia.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)