Kamis, 02 Sep 2021 11:00 WIB

Viral Pelecehan Seks Pegawai KPI, Dampak Sama Buruk Meski Korbannya Pria

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Neglected lonely child against the white wall.  Little girl crying in the corner. Violence concept. Pelecehan seksual atas alasan apapun tidak bisa dibenarkan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral pengakuan pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengalami pelecehan seksual sesama pria dan perundungan oleh rekan kerjanya sejak tahun 2012. Akibat pelecehan tersebut, korban mengalami trauma berkepanjangan dan jatuh sakit.

"Kejadian itu membuat saya trauma dan kehilangan kestabilan emosi. Kok bisa pelecehan jahat macam begini terjadi di KPI Pusat?" demikian keterangan tertulis korban, Kamis (1/9).

Perundungan dan pelecehan seksual atas alasan apapun tidak bisa dibenarkan. Pelecehan dan perundungan akan menyebabkan korban mengalami trauma mendalam dan harus segera mendapat perhatian khusus.

Secara umum, dampak kekerasan seksual yang dialami pria kurang lebih sama dengan wanita. Spesialis kejiwaan dari RSJ Marzoeki Mahdi, dr Lahargo Kembaren, SpKJ menyebut dampak psikologis dari korban antara lain depresi, fobia sosial, gangguan kecemasan, perilaku bunuh diri, gangguan emosi, relasi, dan bahkan seksual.

"Secara khusus pada laki-laki yg menjadi korban kekerasan seksual, mereka merasa khawatir dan berpikir mengenai maskulinitas, seksualitas, khawatir pendapat orang yang akan menganggap mereka homoseksual dan fakta bahwa mereka tidak bisa mencegah kekerasan seksual tersebut," katanya kepada detikcom dalam kesempatan sebelumnya.

Baik pria atau wanita, menjadi korban kejahatan seksual adalah hal yang memalukan sekaligus menyedihkan. Pada sisi lain, di masyarakat yang mayoritas menyanjung maskulinitas, lelaki dianggap sebagai jenis kelamin yang unggul baik secara fisik, psikis, dan sosial

Tekanan pada pria yang menjadi korban pelecehan seks tidak hanya datang dari pengalaman dijahati secara seksual, tetapi juga dari anggapan sebagai 'jenis kelamin unggul'. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada proses rehabilitasi korban.

Simak video 'Polisi Terima Laporan Kasus Pelecehan Seksual Pegawai KPI':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)