Senin, 06 Sep 2021 13:01 WIB

Politisi Malaysia Heran COVID-19 RI Turun Drastis, Berkat PPKM? Ini Kata Pakar

Vidya Pinandhita - detikHealth
Penambahan kasus positif virus Corona yang terus melonjak, mengguncang beberapa negara di Asia. Salah satunya negara Malaysia. Foto: Getty Images/Rahman Roslan
Jakarta -

Politisi Malaysia dari Partai Aksi Demokratik, Lim Kit Siang, heran melihat kasus COVID-19 di RI bisa menurun drastis. Pasalnya, tren kasus di RI terpantau menurun jauh lebih cepat dibanding Malaysia.

"Bisakah menteri kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin, menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru COVID-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia bahkan kurang dari setengah seperti kemarin 8.955 kasus menjadi 20.988 kasus Malaysia?" kata Lim dikutip dari Malaymail, Minggu (5/9/2021).

Menanggapi kabar tersebut, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebut PPKM adalah salah satu kunci keberhasilan RI menekan kasus COVID-19 hingga saat ini.

"Tentunya ini bukan hanya angka saja, tapi memang kondisi tadi, kalau kita lihat intervensi yang kita lakukan itu sejak pada saat terjadi peningkatan kasus itu kita sudah melakukan kebijakan untuk pelaksanaan PPKM," ujarnya pada detikcom, Minggu (5/9/2021).

"Jadi mulai 3 Juli PPKM emergency yang kita lakukan dan terus kita lakukan sampai saat ini dengan melakukan evalusi per minggunya sampai betul-betul kita lihat bahwa situasinya itu sudah betul-betul terkendali. Itu yang nanti tentunya terus kita evaluasi dan ini berbagai macam, ya, yang kita lakukan," lanjut dr Nadia.

Dari kacamata epidemiolog, ternyata ini faktor selain PPKM

Ahli epidemiologi dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) dr Masdalina Pane membenarkan keberhasilan RI menekan jumlah kasus COVID-19 dipengaruhi oleh PPKM berlevel.

Namun menurutnya, yang sebenarnya paling berpengaruh adalah menurunnya penyebaran varian Delta.

"Kalau menurut saya, lebih kepada varian Delta yang sudah turun jauh ya. Tapi tentu saja PPKM memberi kontribusi juga," ujarnya saat dihubungi detikcom, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, varian Delta yang diketahui menular jauh lebih cepat dibanding varian Corona lainnya memiliki pengaruh amat besar terhadap jumlah kasus COVID-19 di RI.



Simak Video "Ketika Malaysia Heran Kasus Covid-19 di RI Bisa Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)