Selasa, 07 Sep 2021 15:42 WIB

Catat! Ini Jumlah Asupan Protein yang Tepat untuk Lansia

Angga Laraspati - detikHealth
Ilustrasi susu untuk lansia. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia, banyak terjadi perubahan pada tubuh yang merupakan bagian dari faktor penuaan. Di usia lanjut, beberapa bagian tubuh Anda mengalami penurunan fungsi, termasuk otot.

Adapun massa otot akan berkurang pada lansia jika kekurangan nutrisi, terutama protein. Lansia yang mengonsumsi protein lebih banyak juga disebut akan lebih kuat dalam beraktivitas.

Melansir dari healthline, protein berasal dari bahasa Yunani yaitu proteos yang memiliki arti 'utama' atau 'tempat pertama'. Protein ini terdiri dari asam amino yang bergabung membentuk sebuah rantai panjang. Ada sekitar 20 asam amino yang membantu membentuk ribuan protein berbeda yang ada di dalam tubuh.

Sebagai unsur penting di dalam tubuh, protein punya tugas yang tidak sembarangan. Protein melakukan sebagian besar pekerjaan di dalam sel dan melakukan berbagai pekerjaan. Menurut, sebuah jurnal dari Bresnahan KA, protein merupakan makronutrisi esensial untuk membangun dan memperbaiki jaringan yang ada di dalam tubuh, salah satunya jaringan otot.

Dilansir dari WashingtonPost, standar dari tunjangan diet yang direkomendasikan yaitu 0,8 gram protein per kilogram berat badan per hari. Jadi bila seorang wanita seberat 150 pon atau sekitar 68 kg, maka ia dianjurkan untuk makan 55 gram protein sehari. Jika pria seberat 180 pon atau sekitar 81 kg, maka dianjurkan untuk mengonsumsi 65 gram protein tiap harinya.

Tak hanya jumlah asupannya saja, tetapi kualitas dari protein juga harus diperhatikan oleh para lansia. Untuk itu, ada sebuah kombinasi protein unik yang disebutkan di dalam dua buah jurnal dari Paul G dan Reidy P yaitu gabungan dari Whey, Soya, dan Kasein.

Dalam jurnal tersebut, ketiga protein ini disebut memiliki protein yang lengkap. Walau begitu ada perbedaan di antara ketiganya. Seperti Whey, protein ini cepat untuk diserap, tinggi leusin, dan juga mampu menambah massa tubuh tanpa pelengkap.

Namun, whey tidak mengandung glutamin, arginin, dan antioksidan yang tinggi. Karenanya dilengkapi dengan Soya yang mengandung kandungan tinggi di ketiganya. Sama seperti whey, soya juga mampu menambah massa tubuh tanpa pelengkap.

Di sisi lain kasein, kembali melengkapi keduanya dengan kandungan protein yang tinggi dan juga tinggi glutamin. Tentunya dengan gabungan ketiga atau yang bisa disebut triple protein akan semakin membuat tubuh dan juga massa otot semakin baik lagi.

Karenanya ahli menyarankan agar para lansia mengonsumsi lebih banyak protein untuk menjaga massa otot. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi Ensure 2 kali sehari dengan kandungan triple protein, kombinasi whey, soya, dan kasein untuk bantu menjaga massa otot.

Ensure memiliki formula lengkap seimbang yang mengandung Triple protein - kombinasi unik whey - kasein - soya, omega 3 & 6, 14 vitamin & 9 mineral, rendah laktosa dan nutrisi penting lainnya. Ensure tersedia dalam 2 pilihan rasa yang lezat rasa vanilla dan cokelat.



Simak Video "Pentingnya Asupan Protein di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)