Rabu, 08 Sep 2021 09:30 WIB

Zona Merah COVID-19 RI Tersisa 5 Wilayah, Jawa-Bali Nihil!

Ayunda Septiani - detikHealth
Perang terhadap virus Corona bisa diluapkan dengan berbagai macam aksi salah satunya lewat seni mural. Ini contohnya! Zona merah COVID-19 di Indonesia. (Foto ilustrasi: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Zona merah COVID-19 di Indonesia menurun pesat, hanya tersisa lima wilayah. Berdasarkan laporan Satgas COVID-19 mingguan, per 5 September 2021 pulau Jawa Bali bebas zona merah COVID-19.

Jawa Tengah hingga Jawa Barat yang sempat mencatat kasus COVID-19 tertinggi kini berada di zona oranye atau risiko sedang penularan COVID-19. Sementara DKI Jakarta sudah turun di zona risiko rendah penularan Corona.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkap fase tersulit justru saat kasus Corona mulai melandai. Hal ini dikarenakan menjaga kedisplinan masyarakat hingga ketahanan pemerintah dalam pandemi tengah diuji.

"Fase ini paling berat karena di sini lah seluruh lapisan pemerintah dan masyarakat diuji kedisplinan dan ketahanannya untuk mempertahankan situasi yang sudah melandai ini, agar tak kembali mengalami lonjakan kasus," jelas Prof Wiku dalam konferensi pers Selasa (7/9/2021).

"Satu cara termudah, termurah, dan efektif untuk mengakhiri pandemi ini adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan secara kolektif. Bukan hanya individu, tapi juga harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat," tutupnya.

Berikut lima daerah di Indonesia yang masuk zona merah COVID-19.

Sulawesi Tengah

1. Parigi Moutong

Papua

2. Mappi

Aceh

3. Pidie Jaya
4. Kota Banda Aceh
5. Aceh Besar



Simak Video "WFH di Zona Merah Jadi 75%, Pekerja Dilarang Lintas Daerah!"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)