Sabtu, 11 Sep 2021 10:01 WIB

AS akan Setujui Vaksin Pfizer untuk Anak 5-11 Tahun

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
DKI Jakarta sudah mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 jenis Pfizer, salah satunya bisa dilakukan di BPSDM Kemenkes.  Seperti apa suasananya? Vaksin Pfizer. (Foto: Andhika Prasetya)
Jakarta -

Vaksin Pfizer rencananya akan diberikan pada anak usia 5-11 tahun di Amerika Serikat akhir Oktober. Hal ini diungkap para pejabat kesehatan di AS.

Mereka disebut akan segera memiliki data uji klinis vaksin Pfizer di rentang usia 5-11 tahun untuk kemudian mengajukan izin emergency use of authorization (EUA) ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) akhir bulan ini. FDA diperkirakan merampungkan evaluasi keamanan data pada usia anak 5-11 tahun tiga pekan ke depan.

Dorongan pemberian izin vaksin Pfizer untuk rentang usia anak 5 tahun ke atas demi mengantisipasi penularan varian Delta. Terutama di tengah pelaksanaan sekolah tatap muka.

"Jika Pfizer menyerahkan EUA-nya pada akhir September, dan terbukti efektif serta aman dipakai usia anak, kemungkinan akan kita berikan pada minggu pertama Oktober," kata pakar penyakit menular ternama AS, Dr Anthony Fauci, menurut ke sumber Reuters, dikutip Sabtu (11/9/2021).

Sementara untuk vaksin Moderna, analisis keamanan data dan efikasi untuk usia anak 5 tahun ke atas dibutuhkan waktu tiga minggu lebih lama dibandingkan vaksin Pfizer.
Diperkirakan baru bisa diberikan November mendatang.

Pfizer sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan memiliki data soal keamanan vaksinnya untuk usia anak 5-11 tahun yang siap pada bulan September dan berencana untuk mengajukan EUA ke FDA sesegera mungkin. Sebelumnya, regulator kesehatan federal, termasuk Fauci, telah menyarankan bahwa keputusan FDA mungkin akan datang pada bulan November atau lebih lambat.

Sementara Moderna pada hari Kamis mengatakan kepada investor bahwa mereka mengharapkan data dari studi usia anak siap akhir tahun ini.



Simak Video "RI Kembali Terima Pasokan Vaksin Pfizer, Jumlahnya Hampir 1,2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)