Sabtu, 11 Sep 2021 18:02 WIB

Cuma Sekali Suntik, Vaksin Janssen Cocok untuk Warga di Daerah Terpencil

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Vaksin Johnson and Johnson diperkirakan masuk Indonesia bulan depan. Kehadiran vaksin satu kali suntik ini membuat vaksin COVID-19 kian beragam untuk masyarakat Foto: AP Photo
Jakarta -

Indonesia menerima 500 ribu dosis vaksin COVID-19 Janssen gelombang pertama. Vaksin ini dikirim dari Belanda dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (11/9/2021) pagi.

Vaksin Janssen ini disuntikkan hanya sekali. Menurut pemerintah Belanda, vaksin ini akan sangat efektif diberikan pada masyarakat di wilayah terpencil Indonesia.

"Vaksin Janssen hanya membutuhkan satu kali suntikan, membuatnya menjadi vaksin yang efektif untuk menjangkau orang-orang di daerah terpencil. Penerima vaksin hanya perlu membutuhkan satu kali perjalanan," ujar Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menjelaskan vaksin Janssen sudah mendapat izin penggunaan darurat.

"Vaksin Janssen telah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan POM pada 7 September lalu, akan dipakai untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas dengan dosis tunggal 0,5 mililiter intramuskular," kata Dante dalam keterangan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kedepannya akan ada lagi pengiriman vaksin Janssen. Total vaksin yang disumbangkan sebanyak 3 juta dosis.



Simak Video "Penerima Vaksin Janssen Dosis Pertama Boleh Lanjut Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)