Rabu, 15 Sep 2021 15:52 WIB

Banyak yang Cari Vaksin Booster COVID-19, dr Tirta: Belum Tentu Efektif

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dr Tirta Mandira Hudhi dr Tirta bicara soal vaksin booster. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Dokter sekaligus influencer kesehatan dr Tirta Mandira Hudhi menyoroti banyaknya non-nakes yang berminat mendapatkan vaksin ketiga atau vaksin booster COVID-19. Padahal menurutnya pemberian booster saat ini masih belum terlalu efektif dalam menekan penularan COVID-19.

"Booster sangat berguna jika diberikan pada orang yang viral loadnya tinggi, contoh dokter, perawat, analisis yang bekerja di RS, atau supir ambulans. Tapi untuk orang yang viral loadnya nggak tinggi itu nggak efektif selama target vaksinasinya belum terpenuhi," katanya dalam diskusi daring bersama Kata Data, Rabu (15/9/2021).

dr Tirta menyebut jika masih banyak yang belum divaksin, maka booster akan sia-sia. Daripada memberikan booster kepada non-nakes, menurutnya lebih baik alokasinya diperuntukkan kepada lansia dan orang yang memiliki autoimun.

Efektivitas vaksin booster COVID-19 baru akan terlihat jika capaian vaksinasi di Indonesia sudah tinggi, atau 80 persen dari target sasaran. Kurang dari itu, mereka yang mendapat booster juga tetap berisiko terinfeksi Corona.

Terkait banyaknya yang mencari booster hingga luar negeri, dr Tirta mengatakan itu adalah pilihan setiap orang. Namun jangan sampai banyak non-nakes yang mencari vaksin booster di dalam negeri karena belum termasuk kelompok prioritas.

"Kalau mau dibooster di luar negeri ya pilihan. Kalau di indonesia kebijakannya masih untuk nakes," bebernya.

BACA JUGA



Simak Video "Sudah Disuntik Vaksin Booster Covid-19, Ini Cerita Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)