Selasa, 21 Sep 2021 08:24 WIB

Round Up

Dialami Muhammad Kace Usai Dijotos Irjen Napoleon, Lebam Bisa Separah Apa?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Foto Muhammad Kace Usai Dianiaya Irjen Napoleon BonaparteD Muhammad Lebam usai dugaan dipukuli. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Muhammad Kace, YouTuber yang kini berstatus tersangka atas dugaan kasus penistaan agama, baru-baru ini dilaporkan mendapat perlakuan tak menyenangkan dari terdakwa kasus korupsi Irjen Napoleon Bonaparte. Dalam foto beredar, wajahnya lebam-lebam akibat dipukuli oleh Irjen Napoleon Bonaparte di Rutan Bareskrim Polri.

Berdasarkan laporan, Muhammad Kace dianiaya dengan cara dipukuli hingga dilumuri kotoran manusia. Muhammad Kace kemudian dilarian ke RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur untuk penanganan lebih lanjut.

Dikutip dari Healthline, lembam adalah kondisi pembuluh darah kecil pecah akibat trauma pada kulit. Area yang menonjol atau memar, kerap dibarengi rasa sakit, disebabkan kebocoran darah dari pembuluh darah yang terluka. Ini merupakan respons tubuh terhadap cedera.

Selain itu, perubahan warna kulit akan muncul pada lebam. Area kulit yang awalnya kemerahan akan menjadi gelap. Pada mata, kondisi ini kerap disebut 'mata hitam'.

Sebagian besar kasus mata hitam bukan hal serius, misalnya bisa diatasi dengan kompres. Namun pada kasus berat, mata hitam bisa mengindikasikan keadaan darurat medis seperti patah tulang tengkorak.

Berikut tanda-tanda cedera dan mata hitam serius dan memerlukan penanganan khusus:

  • Penglihatan ganda
  • Kehilangan penglihatan
  • Hilang kesadaran
  • Ketidakmampuan untuk menggerakkan mata
  • Darah atau cairan bening dari hidung atau telinga
  • Darah di area mata
  • Sakit kepala terus-menerus
  • Ada gejala gegar otak, seperti mual, muntah, pusing, lesu dan ada gangguan ingatan

Umumnya, proses penyembuhan mata hitam membutuhkan waktu sekitar dua pekan. Namun jika dalam janga waktu ini masih timbul kesulitan untuk membuka mata disertai warna lebam tak pudar, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan tepat.



Simak Video "Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 Jelang Libur Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)