Selasa, 21 Sep 2021 17:27 WIB

Satgas: RI Cetak Rekor Positivity Rate Terendah Sepanjang Pandemi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Para pekerja dan warga mengantre vaksin Covid-19 di One Bell Park Mall, Jakarta, Sabtu (4/9/2021). Vaksinasi yang terus dilakukan pemerintah untuk mempercepat pembentukan herd immunity di Indonesia. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Juru bicara Satuan Tugas Pengananan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut angka positivity rate di Indonesia sepekan terakhir mencetak rekor terendah selama pandemi. Hal ini dilaporkan di tengah jumlah tes COVID-19 yang mencapai lebih dari 1 juta, untuk pertama kalinya.

"Di minggu terakhir jumlah orang yang diperiksa mencapai 1 juta orang terus meningkat sedari sebelumnya berkisar 600 sampai 900 ribu orang," tutur Wiku dalam konferensi pers Selasa (21/9/2021).

"Dengan meningkatnya jumlah yang dites, kabar baiknya adalah orang yang positif atau positivity ratenya hanya 2,48 persen. Ini positive mingguan terendah yang pernah kita capai selama pandemi," sambung dia.

Tak hanya itu, kasus aktif Corona disebut Wiku sudah berada di 1 persen dan saat ini wabah COVID-19 di Indonesia sudah dalam status terkendali. Meski begitu, Wiku menegaskan masyarakat agar tidak lengah dan abai dalam protokol kesehatan menyikapi tren perbaikan kasus COVID-19 saat ini.

Hal ini dikarenakan sejumlah negara dengan catatan kasus aktif COVID-19 di bawah 1 persen kembali mengalami lonjakan kasus. Misalnya, Australia yang kasus aktifnya sempat di angka 0,62 persen kembali mengalami lonjakan kasus aktif hingga 30 ribu kasus per 9 September.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)