Selasa, 28 Sep 2021 12:53 WIB

6 Obat Herbal Kolesterol, Mudah Didapat dan Tanpa Efek Samping

Vidya Pinandhita - detikHealth
5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan Ilustrasi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Lantaran gejalanya mirip dengan banyak penyakit lain seperti pusing dan kaku pada leher, tinggi kolesterol tak jarang disepelekan. Padahal jika didiamkan, kondisi ini bisa berisiko masalah jantung. Lantas untuk meredakannya, adakah obat herbal kolesterol?

Tinggi kolesterol bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun pada banyak kasus, tinggi kolesterol dipicu oleh kelebihan berat badan, kurang gerak fisik, serta konsumsi banyak makanan dengan lemak jenuh dan kolesterol.

Profesor kedokteran di Weill Medical College of Cornell University dan ahli kolesterol dan aterosklerosis, Antonio M Gotto Jr MD menerangkan apa pun penyebabnya, kolesterol tinggi menimbulkan banyak bahaya. Tak lain, pengembangan aterosklerosis atau pengerasan dan penyempitan arteri yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

"Itu bisa dimulai sejak dini. Garis-garis lemak dapat muncul di arteri remaja. Otopsi pada pria berusia 20 tahunan sudah menunjukkan plak yang signifikan pada arteri koroner," terangnya, dikutip dari WebMD, Selasa (28/9/2021).

"Penyakit koroner menunjukkan peningkatan tajam pada usia 50 tahunan pada pria, dan akhir 50 tahun atau 60 tahun pada wanita," sambungnya.

Lantas selain berkonsultasi dan berobat ke dokter, adakah obat herbal kolesterol? Berikut bahan-bahan alami yang boleh dicoba, dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Bawang putih

Berdasarkan laporan Pusat Nasional untuk Kesehatan Komplementer dan Integratif (NCCIH), sejumlah riset menyebut bawang putih efektif menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Penelitian lainnya menyebut, mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Namun layaknya terapi alternatif, terdapat beragam hasil soal efektivitas bawang putih mengatasi tinggi kolesterol. Misalnya oleh penelitian lainnya disebutkan, efek bawang putih menekan kadar kolesterol tidak berlangsung dalam jangka panjang.

Jika ingin mencoba, bawang putih bisa dikonsumsi secara mentah, dihancurkan, atau melalui suplemen dalam bentuk kapsul dan tablet.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Workout Bareng Petite Diva dan H2 Health&Happiness; di WHD 2021"
[Gambas:Video 20detik]