Rabu, 29 Sep 2021 16:35 WIB

10 Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Muncul Jerawat hingga Kulit Sensitif

Syifa Aulia - detikHealth
ilustrasi test pack Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah (Foto: iStock)
Jakarta -

Kehamilan membawa banyak perubahan terhadap kondisi tubuh. Seperti perut yang membesar, berat badan bertambah, dan payudara membesar. Selain itu, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah juga dapat diketahui.

Peningkatan produksi hormon saat hamil menjadi faktor utama yang membuat kondisi tubuh mengalami perubahan, termasuk area wajah. Diketahui, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah itu dapat terjadi selama sembilan bulan.

Dikutip dari FirstCry Parenting, pada Rabu (29/9/2021), berikut ini merupakan ciri-ciri orang hamil dari raut wajah:

1. Melasma

Melasma adalah kondisi hiperpigmentasi akibat perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Melasma juga dapat terjadi akibat paparan sinar matahari. Kondisi ini membuat kulit wajah di area dahi, pipi, atau dagu memiliki bercak coklat.

2. Hidung bengkak

Hidung bengkak dapat terjadi akibat peningkatan sirkulasi darah di selaput lendir. Kondisi hidung akan terlihat lebih besar dan lebih lebar.

3. Mata bengkak

Kondisi mata bengkak ini biasa terjadi pada trimester terakhir. Sebab pada saat itu, orang hamil akan sering mengunjungi toilet di malam hari dan kelelahan dalam membawa bayi di dalam kandungan yang semakin membesar.

4. Bulu mata dan alis rontok

Selama kehamilan, akan terjadi kerontokan bulu mata dan alis. Hal ini dapat terjadi saat tubuh kekurangan protein dan vitamin, serta tiroid yang tidak berfungsi.

5. Wajah bengkak

Selain terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki, wajah juga bisa mengalaminya selama kehamilan. Bentuk wajah akan menjadi lebih bulat dan tembam selama hamil. Biasanya, penampilan itu akan kembali normal setelah melahirkan.

Jika pembengkakan wajah terasa sakit dan terlihat tidak normal, itu dapat menjadi tanda preeklamsia. Segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan.

6. Jerawat

Munculnya jerawat pada awal kehamilan sudah menjadi hal yang normal. Itu disebabkan karena ada peningkatan hormon yang membuat produksi minyak meningkat sehingga muncul jerawat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]