ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Sep 2021 19:37 WIB

JKN-KIS Permudah Perusahaan Beri Jaminan Kesehatan untuk Pegawai

Yudistira Imandiar - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program JKN-KIS memfasilitasi perusahaan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi para karyawannya. BPJS Kesehatan telah membuat sistem yang memudahkan perusahaan dalam mengelola kepesertaan JKN-KIS karyawan.

Tika (28), staf administrasi di salah satu perusahaan agensi desain di Malang mengatakan tidak menemui kesulitan dalam pendataan karyawan beserta keluarga, mengubah jenis kepesertaan menjadi Peserta Penerima Upah (PPU), mengubah fasilitas kesehatan, hingga penonaktifan karyawan karena meninggal atau mengundurkan diri. Tika mengatakan pihak BPJS Kesehatan aktif membantu begitu ia mengalami kendala dalam hal pendaftaran maupun pembayaran.

"Jika ada kendala atau kesulitan biasanya saya konsultasi dan koordinasi dengan Bu Arin selaku PIC dari BPJS Kesehatan yang menangani perusahaan kami. Itupun jika ada prosedur atau hal-hal yang tidak tercantum dalam booklet panduan atau sumber lainnya," ungkap Tika dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (29/9/2021).

Tika menyebut ini langkah-langkah yang diberikan oleh BPJS kesehatan dalam hal pendaftaran kepesertaan karyawan cukup mudah untuk diikuti. Tika mengapresiasi kemudahan layanan BPJS Kesehatan yang diberikan kepada perusahaan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi karyawan.

"Alur pendaftaran cukup mudah, sistemnya di website juga mudah. Terdapat buku panduan yang bisa jadi pegangan dan misal sedang ada error, bu Arin sangat membantu dan tanggap ketika dihubungi" ujar Tika.

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta (P4) BPJS Kesehatan Cabang Malang Roy Winandra Putra menjelaskan BPJS Kesehatan tetap membuka pelayanan melalui Relationship Officer (RO) di tengah pandemi Covid-19. Ia menyampaikan aplikasi e-Dabu yang digunakan oleh perusahaan masih terus disempurnakan, guna mempermudah Badan Usaha melakukan pendaftaran maupun memperbaharui data pegawai.

"Jadi memang aplikasi e-Dabu ini masih tahap penyempurnaan ya, supaya semua badan usaha dapat lebih mudah mengakses dan mengolah data pegawai mereka untuk daftar maupun memperbarui data di BPJS Kesehatan. Jika ada badan usaha yang masih bingung, teman-teman RO juga siap membantu," papar Roy.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT