ADVERTISEMENT

Senin, 04 Okt 2021 13:11 WIB

Siapakah Michael Bloomberg, Sosok yang Disurati Anies Soal 'Antirokok'?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Jakarta -

Secarik surat Anies Baswedan yang disebut minta 'jatah' ke Michael Bloomberg ramai diperbincangkan. Akun Twitter @rokok_indonesia menuduh Anies Baswedan meminta jatah untuk kampanye antirokok.

Akun Twitter @rokok_indonesia memperlihatkan sebuah surat dari Anies Baswedan yang ditujukan ke Bloomberg Philanthropies. Dari sinilah tuduhan Anies minta jatah kampanye antirokok mencuat.

Siapa sih sebenarnya Michael Bloomberg dan Bloomberg Philanthropies?

Bloomberg Philanthropies adalah sebuah organisasi payung amal milik Michael Rubens Bloomberg yang mencakup yayasan keluarga Bloomberg. Bloomberg adalah seorang miliarder yang juga mantan walikota New York. Bloomberg diketahui telah lama menjadi pendukung upaya-upaya seperti kampanye anti-merokok di Amerika Serikat.

Saat menjabat sebagai walikota New York, Bloomberg membuat perubahan besar pada sektor sekolah kota, transportasi, termasuk perluasan jalur kereta bawah tanah, dan kesehatan masyarakat dengan menerapkan peraturan ekstensif yang menargetkan merokok dan obesitas.

Bloomberg juga diketahui menandatangani undang-undang yang melarang merokok di bar dan restoran serta meningkatkan pajak rokok.

Pada tahun 2006 dan 2008, ia melakukan perjuangannya secara global, dengan memberikan 125 juta dolar AS dan kemudian 250 juta dolar AS untuk membantu meningkatkan upaya WHO di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Hal ini menjadikan Bloomberg Philanthropies sebagai penyandang dana terbesar dari upaya pengendalian tembakau di negara berkembang.

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT