Rabu, 06 Okt 2021 08:48 WIB

Viral Bidan Diduga Lecehkan Bumil 9 Bulan Jelang Lahiran, Ini Kata IBI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Colour backlit image of the silhouette of a woman with her hands on her head in a gesture of despair. The silhouette is distorted, and the arms elongated, giving an alien-like quality. The image is sinister and foreboding, with an element of horror. It is as if the woman is trying to escape from behind the glass. Horizontal image with copy space. Ilustrasi pelecehan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral bidan di salah satu puskesmas Jakarta diduga melecehkan ibu hamil yang tengah mengandung 9 bulan. Informasi awal bermula dari keterangan video akun TikTok @stevfanywijaya.

Ia mengaku saudaranya mengalami pelecehan verbal oleh bidan sesampai di puskesmas karena beberapa hal. Salah satunya disebut mempermasalahkan kondisi keputihan yang banyak.

"Dan membuat saya sangat marah adalah ketika saat mereka mengecek pembukaan bumil lalu dia mengatakan 'keputihannya banyak banget', lalu bidan tersebut ada yang menjawab ih JORSE," demikian potongan pengakuan @stevfanywijaya yang heboh direspons banyak netizen di TikTok, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Dalam video tersebut juga dijelaskan sang ibu hamil tengah kesakitan karena menjelang proses melahirkan. Tidak sedikit netizen yang geram dengan pengakuan tersebut, meminta untuk segera diusut tuntas perlakuan diduga bidan yang melecehkan ibu hamil secara verbal saat kondisinya tengah mendesak, menjelang lahiran.

@stevfanywijjaya

#GoodDayGoodJam #tolong #tolongbantu #tolongfyp #fyp #fypシ #bumil #mentalhealth

♬ suara asli - Ly💚🇲🇨

Emi Nurjasmi Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengaku belum mendapat laporan sama sekali terkait keluhan tersebut. Pihak IBI kini baru akan mengecek kronologi dugaan kejadian di salah satu puskesmas Jakarta.

"Belum terima laporan, ini saya baru tahu. Kami akan cek dulu ya untuk nanti klarifikasi atau kronologi seperti apa," jelas Emi saat dihubungi detikcom, Rabu (6/10/2021).

Emi belum bisa berbicara lebih lanjut terkait kemungkinan sanksi dan teguran kepada terduga bidan, jika benar melakukan hal tersebut. Sementara, dirinya masih ingin memastikan kejadian sebenarnya di lapangan.



Simak Video "Viral Bidan 'Julid' Pasien Tak Bersuami Minta Pil KB, Ini Kata IBI"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)