Kamis, 07 Okt 2021 05:45 WIB

Round Up

Waduh! Diprediksi 78 Juta Warga RI Sebenarnya Sudah Kena COVID-19

t - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sebuah lembaga riset kesehatan dari Amerika Serikat memperkirakan 29 persen warga Indonesia sudah terinfeksi COVID-19. Angka ini setara dengan 78,9 juta orang.

Prediksi ini diungkap oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), sebuah lembaga riset kesehatan di Amerika Serikat.

Selain memperkirakan sudah banyak yang terinfeksi COVID-19, riset ini juga menyoroti jumlah kasus positif, rawat inap, serta kematian yang menurun. Meski demikian, diingatkan untuk tetap waspada.

"Namun, situasinya tetap rapuh karena cakupan vaksinasi yang rendah dan persentase populasi yang besar berisiko (rentan). Penggunaan masker tetap wajib untuk membantu mengendalikan penyebaran," tulis laporan tersebut.

Riset ini juga memperkirakan pada 1 Januari 2022, akan ada 36 persen warga Indonesia yang punya kekebalan terhadap varian Delta (B1617.2). Kekebalan ini akan menghindarkan Indonesia dari lonjakan kasus.

Pakar epidemiologi dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, mengaitkan prediksi ini dengan kasus yang melandai belakangan ini. Menurutnya, hal ini terjadi karena sekitar 30 persen warga sudah terpapar COVID-19.

"Ditambah lagi ada juga bisa cross section atau irisan juga sebagian yang sudah divaksinasi. Ini dalam prediksi saya setidaknya kalau ditambah yang sudah divaksin bisa jadi sampai 120 jutaan yang sudah memiliki imunitas kombinasi antara natural dan akibat vaksinasi," sambungnya.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)