Kamis, 07 Okt 2021 14:31 WIB

Sertifikat Vaksin COVID-19 Tak Muncul di PeduliLindungi? Ini Saran Kemenkes

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
7 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi, Bisa Apa Saja? Cara mengatasi sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi. (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Permasalahan sertifikat vaksin COVID-19 tidak muncul di PeduliLindungi masih kerap dirasakan oleh sebagian masyarakat. Tak sedikit di antara mereka yang belum mendapat solusi terkait permasalahan ini.

Padahal, sertifikat vaksin saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam melakukan beberapa aktivitas tertentu, seperti menggunakan transportasi umum dan memasuki pusat perbelanjaan.

Terkait hal ini, Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, mengatakan sebaiknya masyarakat periksa terlebih dahulu, apakah data diri di website PeduliLindungi sudah terisi dengan benar atau belum. Pasalnya, ini dapat berpengaruh pada muncul atau tidaknya sertifikat vaksin di aplikasi.

"Tolong lakukan cek terlebih dahulu di dalam website. Jadi jangan langsung ke aplikasi PeduliLindungi, karena harus diklaim dulu berdasarkan informasi seperti vaksin kemudian nomor telepon, dan lain sebagainya," kata Setiaji dalam konferensi per Kemenkes RI, Kamis (7/10/2021).

"Karena memang disadari pada saat menginput di tempat vaksin, ada beberapa data yang tidak cocok seperti NIK, nama, dan sebagainya," sambungnya.

Maka dari itu, kata Setiaji, apabila sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi, masyarakat jangan langsung membuat laporan ke email sertifikat@pedulilindungi.id. Namun, melakukan klaim terlebih dahulu di dalam website PeduliLindungi dengan mengisi lima parameter, seperti nama, NIK, tanggal vaksinasi, dan jenis vaksin COVID-19 yang diterima, kemudian baru masuk ke aplikasi.

Akan tetapi, apabila sertifikat vaksin tetap tidak muncul, segera membuat laporan ke email sertifikat@pedulilindungi.id.

Butuh berapa lama agar laporannya bisa diproses?

Menurut Setiaji, dengan penambahan tim yang sudah dilakukan, laporan terkait sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi bisa diproses paling lambat satu minggu.

"Kenapa jawaban terhadap email di sertifikat@pedulilindungi.id ini cukup lama, di beberapa minggu yang lalu memang tim kami untuk menangani ini sangat terbatas, tetapi saat ini sudah ditambah timnya bahkan hampir 200 orang yang meng-handle tim tersebut, sehingga antrean untuk bisa menjawab komplain-komplain tadi lebih cepat," jelasnya.

"Mudah-mudahan dalam kurun waktu paling lama seminggu, ini bisa diatasi dengan menambah kapasitas tadi," lanjutnya.

Setiaji juga mengatakan ke depannya akan ada metode baru untuk menanggapi keluhan masyarakat terhadap sertifikat vaksin, yakni dengan menghadirkan fitur chatbot.

"Salah satu metode yang kita lakukan ke depan adalah menggunakan model chatbot, sehingga bisa mengurangi beban yang ada di email tersebut, karena kurang lebih 25.000-30.000 email yang masuk ke sistem kami," tuturnya.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)