Sabtu, 09 Okt 2021 10:53 WIB

Jangan Suka Menahan Bersin, Dampaknya Bisa Bikin Gendang Telinga Pecah

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
portrait of a young woman with tissue sneezing Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang mungkin pernah mencoba untuk menahan bersin di saat-saat tertentu. Tapi, ternyata kebiasaan seperti itu busa sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tenggorokan atau paru-paru.

Dikutip dari The Sun, sebenarnya jangan menahan saat ingin bersin, karena bisa menyebabkan cedera yang serius. Akan lebih baik jika menutupi hidung dan mulut dengan tisu atau siku saat akan bersin.

Salah satu kasus menahan bersin yang berujung cedera serius dialami oleh pria asal Inggris yang berusia 34 tahun. Ia mengalami pecah bagian belakang tenggorokannya, mengalami rasa sakit yang luar biasa, dan hampir tidak bisa berbicara maupun menelan.

Pria tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit dan dirawat oleh dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan) di University Hospitals of Leicester NHS Trust. Dokter itu pun memperingatkan pasiennya agar jangan menahan bersin karena sangat berbahaya.

Bisa menyebabkan komplikasi serius

Meski terdengar sepele, kebiasaan menahan bersin ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Misalnya seperti pseudomediastinum (udara yang terperangkap di dada di antara kedua paru-paru) dan perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang).

"Menahan bersin melalui pemblokiran lubang hidung dan mulut adalah manuver berbahaya, dan harus dihindari," tulis dokter dalam laporan BMJ Case Report.

"Ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti pseudomediastinum (udara yang terperangkap di dada di antara kedua paru-paru), perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang), dan bahkan pecahnya aneurisma serebral (pembuluh darah yang menggelembung di otak)," sambungnya.

Jika menahannya semua tekanan saat bersin, bagian hidung dan tenggorokan akan menanggung beban yang lebih besar. Ini bisa menyebabkan gendang telinga pecah akibat udara yang tersumbat dan berusaha keluar dari tempat lain akan dialihkan ke tabung yang terhubung dengan gendang telinga.

Selain itu, para ahli juga menekankan bahwa menahan bersin bisa menyebabkan seseorang kehilangan pendengaran. Ini juga bisa menyebabkan infeksi telinga yang bisa mengganggu selama berhari-hari.

Sebenarnya kenapa sih seseorang harus bersin?

Tujuan utama bersin adalah mendorong keluar apapun yang ada di dalam hidung seseorang. Jika lendir penuh kuman yang ada di dalam hidung berpindah ke tempat lain, seseorang mungkin akan mengalami infeksi di area tersebut.

Tak hanya itu, jika menahan bersin juga bisa berakibat buruk dan memicu risiko serius, yaitu menyebabkan paru-paru kolaps. Dokter juga melaporkan jika menahan bersin bisa membuat udara bertekanan terjebak di dalam diafragma. Alhasil, orang tersebut bisa mengalami aneurisma otak akibat penumpukan tekanan di tengkorak.



Simak Video "Heboh Virus Corona, Uya Kuya Berbagi Tips Tutup Mulut saat Bersin"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)