Minggu, 10 Okt 2021 12:49 WIB

Payudara Nyut-nyutan Menjelang Haid, Normalkah? Begini Saran Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pijat payudara agar ASI melimpah Ilustrasi. Foto: iStockphoto
Jakarta -

Nyeri nyut-nyutan pada payudara menjelang menstruasi adalah hal wajar disebabkan faktor hormonal. Akan tetapi, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan nyeri tersebut.

Di antaranya, dengan menjaga gaya hidup dan pola makan. Benarkah bakal ada pengaruhnya menekan nyeri payudara menjelang datang bulan?

Spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Primaya Tangerang, dr Abdul Rachman, SpB(K)Onk, menjelaskan program 'CERDIK' bisa diandalkan untuk mengurangi atau mempercepat durasi nyeri payudara saat wanita yang akan menstruasi.

"(Untuk mengurangi nyeri payudara menjelang menstruasi) pola hidup kita, si wanita. Sebaiknya bagaimana? Ada namanya cerdik cukup istirahat, atur pola stres, konsumsi yang baik, gizi yang seimbang," terangnya pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (8/10/2021).

Menurutnya, obat pereda nyeri seperti parasetamol yang bisa dibeli bebas di apotek aman dikonsumsi untuk meredakan nyeri pada payudara menjelang menstruasi. Selain itu, minuman pereda nyeri datang bulan juga bisa dicoba."Tidak merokok. Hindari walaupun pasangan kita merokok, sebaiknya nggak boleh karena merokok dan tidak merokok kalau dalam satu ruangan, kena asap yang sama," sambungnya.

Akan tetapi, dr Abdul lebih menyarankan gaya hidup sehat untuk meredakan nyeri menjelang menstruasi. Pasalnya, cara ini bisa berdampak baik dalam jangka waktu panjang.

"Kalau nyeri itu bisa diberikan obat-obatan anti nyeri saja, tapi coba pola hidupnya berubah dulu dengan pola makan," terangnya.

"(Obat pereda nyeri) dengan efek samping minimal pun sudah cukup nyaman untuk wanita," pungkas dr Abdul.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)