Senin, 11 Okt 2021 06:50 WIB

Kapan Sembelit Harus Mulai Dianggap Serius? Ini 5 Tandanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. 5 Tanda sembelit mulai jadi ancaman serius (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bagi kebanyakan orang, sembelit adalah masalah sehari-hari yang kerap dianggap sepele. Siapapun pernah mengalami, dan pada saatnya akan reda dengan sendirinya.

The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) memperkirakan, 16 dari 100 orang dewasa pernah mengalami gejala sembelit. Tingkat keparahannya saja yang berbeda-beda.

Pada dasarnya, sembelit atau konstipasi adalah kondisi yang membuat buang air besar (BAB) tidak lancar. Jika didefinisikan, NIDDK menyebut seseorang mengalami sembelit jika:

  • BAB kurang dari 3 kali sepekan
  • BAB keras, kering, dan menggumpal
  • BAB susah dan menyakitkan
  • BAB terasa tidak pernah tuntas.

Beberapa orang memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap berbagai keluhan tersebut, sehingga dianggap sebagai keluhan biasa saja. Tetapi ada baiknya waspada jika disertai 5 kondisi berikut, dikutip dari Health.

1. Nyeri perut

Sembelit selalu menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun jika rasa tidak nyaman mulai tidak terkontrol dan bahkan terasa nyeri, maka itu tandanya harus segera mencari pertolongan.

2. Ada darah di feses

Ada banyak kemungkinan terkait adanya bercak darah di feses saat BAB, salah satunya adalah hemoroid atau wasir. Namun jangan dianggap sepele, karena ada kemungkinan lain yang tidak kalah serius yakni kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Top 5: Rima Melati Meninggal Dunia hingga 5 Fitur Terbaru WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]