Selasa, 12 Okt 2021 13:22 WIB

e-Life

Tips Redakan Nyeri Payudara Saat Menstruasi

dtv - detikHealth
Jakarta -

Seringkali payudara terasa nyeri saat menstruasi. Tentunya hal ini bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

"Payudara nyeri saat menstruasi itu berhubungan dengan hormon yang dikeluarkan di ovarium. Jadi itu ada yang namanya hormon estrogen dan progesteron yang tentunya ini berhubungan dengan satu pabriknya, pabriknya itu kan di ovarium apabila pabriknya ada masalah kemudian tidak seimbang," jelas Dokter Spesialis Bedah Onkologi Primaya Hospital Tangerang, dr. Abdul Rachman, Sp.B (K)Onk di acara e-Life detikcom.

Selain disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, nyeri bisa terjadi karena stres, maupun karena faktor makanan yang dikonsumsi.

Namun, nyeri payudara saat menstruasi bisa diminimalisir dengan tindakan yang tepat. Seperti menjaga asupan nutrisi pada makanan, hingga mengonsumsi obat pereda nyeri datang bulan jika diperlukan.

"Jadi memang kembali lagi ke pola hidup kita nih. Cukup istirahat, atur pola stress, makan gizi yang seimbang, kemudian nggak merokok. Kemudian atur berat badan, olahraga yang teratur nih," kata dr. Abdul Rachman.

Jika dengan mengatur pola hidup masih terasa nyeri, konsumsi obat anti nyeri bisa menjadi opsi.

"Kalau misalkan nyeri itu mungkin bisa diberikan obat-obatan anti nyeri saja sih. Tapi coba pola hidupnya berubah, itu dulu dengan pola makan seperti yang saya bilang tadi," lanjut dr. Abdul Rachman.

(gah/gah)