Selasa, 12 Okt 2021 17:44 WIB

Recovery Index RI Tertinggi di Asia Tenggara, Satgas COVID-19 Jelaskan Maknanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Lonjakan kasus COVID-19 di Tanah Air dinilai sebagai tanda Indonesia kini tengah hadapi gelombang kedua Corona. Akibat hal itu, zona merah pun bertambah. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengklaim pengendalian COVID-19 di Indonesia mampu bertahan dengan baik meski sejumlah sektor ekonomi dan sosial perlahan dilonggarkan. Hal ini berdasarkan penilaian recovery index di Indonesia tertinggi se-Asia Tenggara.

Indonesia secara nasional mampu mempertahankan performa pengendalian COVID-19 yang dibuktikan menjadi negara dengan perolehan nilai recovery index tertinggi se Asia Tenggara bahkan dalam suasana pembukaan sektor sosial ekonomi secara bertahap," jelas dia.

Adapun aspek-aspek yang menjadi penilaian prestasi tersebut mencakup jumlah kasus COVID-19 hingga mobilitas sejumlah negara. Termasuk sudah seberapa tinggi cakupan vaksinasi dosis pertama hingga kedua.

Maka dari itu, Wiku menilai penyelenggaraan acara-acara besar ke depan sudah bisa dilakukan di tengah tren kasus COVID-19 yang kian membaik.

"Penilaian ini ditinjau dari aspek manajemen pengendalian kasus vaksinasi dan mobilitas suatu negara," sebutnya.

"Untuk itu prestasi dan kekurangan-kekurangan minor selama rangkaian acara perlu menjadi pembelajaran khususnya untuk menyelenggarakan acara besar terdekat," pungkas dia.

Tonton video 'Airlangga Sebut Recovery Index Indonesia Terbaik di ASEAN':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)