Selasa, 12 Okt 2021 21:01 WIB

WHO Sebut Kelompok Usia Ini Tak Wajib Pakai Masker

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Single mother and her small son with face masks looking through window while being in isolation at home. Focus is on boy. Ilustrasi memakai masker. (Foto: Getty Images/skynesher)
Jakarta -

Masker masih menjadi satu cara yang paling mudah untuk mencegah penularan COVID-19. Agar masker bisa berfungsi dengan baik, tentu penggunaan masker harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, disarankan menggunakan dua lapis masker, lapisan pertama dengan masker medis dan yang kedua dengan masker kain. Tujuannya untuk mencegah droplet keluar atau masuk dari dan ke saluran pernapasan.

Namun, tidak semua orang bisa memakai masker dengan cara yang sama, terlebih untuk anak-anak. Menurut laman resminya, Dana Anak Internasional Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia memiliki rekomendasi tersendiri untuk pemakaian masker pada anak.

"Masker tidak perlu digunakan oleh siapa pun yang tidak bisa melepas masker tanpa bantuan, termasuk di antara mereka bayi dan balita, atau seseorang yang mengalami kesulitan bernapas," tulis pernyataan dari laman resmi UNICEF.

Meski begitu, UNICEF dan WHO memiliki rekomendasi tersendiri terkait pemakaian masker pada anak. Berikut rekomendasinya:

Anak usia lima tahun ke bawah

Kelompok anak usia ini tidak diwajibkan menggunakan masker. Anjuran ini dibuat berdasarkan pada keselamatan anak dan fakta bahwa setiap anak bisa jadi mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda.

Anak usia 6-11 tahun

Pada usia ini, pemakaian masker harus berdasarkan faktor risiko di sekitarnya. Misalnya risiko transmisi lokal, kemampuan anak untuk mematuhi protokol kesehatan, pengawasan orang dewasa yang sesuai, dan pertimbangan tambahan seperti disabilitas atau penyakit yang mendasarinya.

Anak usia 11 tahun ke atas

Anak usia ini bisa diminta atau dianjurkan untuk mengikuti aturan menggunakan masker yang sama seperti orang dewasa.

Hal yang perlu diperhatikan

Sebelumnya, perlu diperhatikan bahwa masker orang dewasa tidak cocok untuk anak. Untuk itu, pilihlah ukuran masker untuk anak dan pastikan itu bisa menutupi mulut, hidung, dan dagu anak dengan sempurna.

Selain itu, pastikan anak tetap nyaman saat bernapas dan berbicara dengan masker tersebut.



Simak Video "KuTips: Cara Bedakan Masker Bedah Asli vs Palsu!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)