Rabu, 13 Okt 2021 18:32 WIB

Heboh Pengakuan Trauma Kakek Dimarahi Baim Wong, Gimana Sih Biar Nggak Emosi?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
baim wong belikan perabotan rumah tangga untuk sopirnya Viral Baim Wong memarahi kakek karena dimintai uang. (Foto: YouTube)
Jakarta -

Heboh ribut-ribut Baim Wong dengan seorang kakek yang disebut memaksa meminta uang. Netizen menyayangkan respons aktris Baim Wong yang dinilai tidak sopan, meski belakangan istri Paula Verhoeven tersebut sudah meminta maaf atas perilakunya.

Menurut psikolog klinis Ohana Space Fajrin Trisnaramawati, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan saat menolak permintaan seseorang yang terkesan memaksa. Meski emosi kerap tidak bisa dihindari, sebisa mungkin tenangkan diri terlebih dahulu agar ekspresi dari emosi negatif tidak berakhir meluap-luap.

"Pahami dulu apa yang membuat kita menjadi tidak nyaman, memunculkan emosi yang negatif ketika ada seseorang yang minta pertolongan dengan cara memaksa," ungkap Fajrin kepada detikcom Rabu (13/10/2021).

"Kemudian, tenangkan diri terlebih dahulu, baru setelah itu komunikasikan dengan cara komunikasi yang asertif. Komunikasi asertif ini diperlukan agar informasi atau pesan yang ingin disampaikan ke lawan bicara dapat diterima dengan baik serta memahami situasi dan kondisi kita," sambung dia.

Adapula batasan saat meminta pertolongan agar tidak memicu emosi seseorang. Hal yang paling penting adalah memastikan apa yang disampaikan tidak menyinggung yang bersangkutan.

"Sampaikan apa hambatan dan kebutuhan kita serta harapan kepada orang yang ingin dimintai pertolongan dengan komunikasi yang asertif," sebutnya.



Simak Video "Fasilitas Masih Jadi Masalah di Tengah Naiknya Kesadaran Cuci Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)