Rabu, 13 Okt 2021 21:04 WIB

Rachel Vennya Kabur dari Wisma Atlet Dibantu Oknum TNI, Kemenkes Buka Suara

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Akhirnya terungkap, selebgram Rachel Vennya kabur dari karantina dibantu oknum TNI berinisial FS. Jika mengacu pada UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan, wanita kelahiran 1995 tersebut terancam pidana 1 tahun penjara.

"Saat ini Pihak Kodam Jaya sedang dalam proses penyelidikan terkait berita kaburnya selebgram Rachel Vennya dari Karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari hulu sampai ke hilir," kata Kapendam Jaya, Kolonel Herwin BS dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi sepenuhnya menyerahkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. Ia meminta sanksi bisa diberikan sesuai dengan UU yang ditetapkan.

"Kita serahkan kepada aparat keamanan terhadap penegakkan sanksi sesuai aturan yang ada," jelas dr Nadia kepada detikcom Rabu (13/10/2021).

Pasalnya, pelanggaran karantina bisa mengancam keselamatan banyak orang, di tengah pandemi COVID-19. dr Nadia menekankan untuk tidak lagi ada sejumlah oknum yang mengabaikan aturan karantina, demi mencegah transmisi penularan COVID-19.

"Mengimbau agar tidak ada oknum-oknum yang melakukan perbuatan yang berpotensi membahayakan nyawa seluruh rakyat Indonesia," kata dr Nadia.

Pemerintah disebutnya tidak mentolerir pelarangan apapun dalam bentuk pelanggaran protokol kesehatan. Termasuk dalam hal ini aturan karantina.

Sebelumnya diberitakan, selebgram Rachel Vennya disebut mangkir dari karantina oleh salah satu netizen di akun Instagram dalam sebuah komentar. Akun tersebut mengaku staf di Wisma Atlet yang menginput data karantina Rachel Vennya dengan kekasihnya, Salim Nauderer.

"OHHH DIA YG HARUSNYA KARANTINA DI WISMA ATLET SELAMA 8 HARI EH TAPI BARU 3 HARI LANGSUNG KABUR??)," tulis @cleverdid.

"KARENA GUA YG NGINPUT DATA DIA DI WISMA ATLET PADEMANGAN, DEMI ALLAH.. PUAS? GUA TANYAIN ALAMAY DIMANA SOK SOK BEGO. SAMPE SAMPE SATU KAMAR SAMA SI SALIM PADAHAL BUKAN SUAMI ISTRI GUA MINTA BUKU NIKAH KTANYA MEREKA BERTIGA KOK SAMA MANAGER RACHEL YG CEWEK," tulis @cleverdid.

(naf/up)