Jumat, 15 Okt 2021 06:23 WIB

Kata Siapa Orang Baduy Tak Pernah Tes COVID-19? Setahun Pandemi 'Cuma' 1 Kasus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Warga Baduy di Banten. Sepanjang pandemi hanya mencatatkan 1 kasus COVID-19 Setahun pandemi, warga Baduy hanya mencatatkan 1 kasus COVID-19 (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta -

Setelah sempat nol kasus, warga Baduy sempat 'kecolongan' COVID-19. Pada Agustus 2021 lalu, seorang warga yang telah melahirkan dikabarkan positif COVID-19.

Namun setelah satu kasus tersebut, dikabarkan tak pernah lagi ada warga Baduy yang terpapar COVID-19. Apa karena tak pernah ada testing COVID-19 di sana?

"Ada (tes COVID-19). Jadi begini, kan yang menyediakan itu dinas kesehatan. Misalnya kita minta mau tes massal, kita swab ke sana. Mereka (warga Baduy) mau kalau dites kayak gitu mah, dateng," kata Kepala Puskesmas Cisemeut, Kabupaten Lebak, Banten, dr Maytri Nurmaningsih saat ditemui di lokasi yang sama, Kamis (14/10/2021).

Secara berkala, Maytri mengatakan rutin melaksanakan tes COVID-19 untuk warga di sekitar wilayah Desa Adat Baduy dan mengalokasikan sebagian untuk warga Baduy.

"Misalnya target 80 kit, setengahnya dikhususkan untuk mereka (Warga Baduy), dan negatif semua. Kalau mereka ke puskesmas, mengeluh flu batuk, kami khusus sediakan antigen, untuk warga Baduy. Kalau yang lain kan nggak dikasih," jelasnya.

Terkait satu kasus yang ditemukan pada Agustus 2021 lalu, Maytri mengatakan pihak puskesmas juga melakukan penelusuran kontak kepada keluarga pasien. Beruntung, virus tersebut tidak menyebar ke warga lain di Baduy Luar.

Awalnya, pasien mengeluh batuk dan flu usai melahirkan dan hasil antigen juga PCR positif COVID-19. Selang beberapa lama, pasien itu sudah sembuh dan bisa menjalani aktivitas seperti biasa.

"Semua anggota keluarga dekatnya juga kita sudah PCR, hasilnya negatif semua, cuma dia sendiri," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "SAGO, Penasihat WHO yang Bertugas Temukan Asal Usul Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]