Senin, 18 Okt 2021 10:47 WIB

Intip Manfaat Kalsium untuk Tulang hingga Jantung

Inkana Putri - detikHealth
Makanan Kalsium Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kalsium menjadi mineral yang paling dibutuhkan dalam tubuh karena penting untuk kesehatan tulang. Pasalnya, tubuh memerlukan kalsium untuk mendapatkan kekuatan tulang. Terlebih 99 persen kalsium tubuh berada pada tulang dan gigi seperti dikutip dari Medical News Today.

Selain bermanfaat bagi tulang dan gigi, kalsium ternyata juga berdampak positif untuk kesehatan tubuh lainnya. Kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga respons yang baik antara otak dan bagian lain dari tubuh. Melansir berbagai sumber, berikut informasi lebih lanjut soal 5 manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan Tulang

Fungsi utama kalsium memang untuk menunjang kesehatan tulang. Kalsium berfungsi penting bagi perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Pada pertumbuhan anak-anak, kalsium berkontribusi besar pada perkembangan tulang dan tinggi badan mereka.

Seiring bertambahnya usia, orang akan mengalami proses penuaan. Dalam kondisi ini, kalsium akan berfungsi membantu menjaga tulang dan memperlambat hilangnya kepadatan tulang. Dengan demikian, ini dapat meminimalisir risiko terkena osteoporosis.

2. Bantu Kerja Otot

Fungsi lain dari kalsium adalah untuk membantu mengatur kontraksi otot. Saat saraf merangsang otot, tubuh akan melepaskan kalsium yang dapat membantu protein dalam otot berkontraksi. Ketika tubuh memompa kalsium keluar dari otot, kalsium juga akan membantu otot menjadi rileks atau mengendur. Fungsi ini tentunya akan membantu Anda saat melakukan aktivitas yang membutuhkan kerja otot.

3. Jaga Kesehatan Jantung

Kalsium berfungsi membantu jantung berkontraksi memompa darah. Peran kalsium dalam fungsi otot termasuk mempertahankan aksi otot jantung. Oleh karena itu, kurangnya kalsium pada sel otot jantung dapat menyebabkan turunnya jumlah kontraksi jantung. Kalsium dapat melemaskan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan kemungkinan hubungan antara asupan kalsium yang tinggi dan tekanan darah yang lebih rendah.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Beberapa penelitian menunjukkan kalsium bersama dengan vitamin D memiliki manfaat lain selain menyehatkan tulang. Adapun kalsium memungkinkan melindungi tubuh terhadap kanker, diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup kalsium dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi bagi wanita hamil dan anak muda. Pasalnya, kalsium membantu pembuluh darah lebih rileks sehingga membuat aliran dan tekanan darah terjaga.

5. Mendukung Kerja Otak

Kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga respons yang baik antara otak dan bagian lain dari tubuh. Sebab, kalsium merupakan pembawa pesan dalam berbagai macam sel. Dalam hal ini, sistem saraf pada tubuh manusia membutuhkan kalsium untuk mengirim sinyal dari otak ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, kalsium juga terlibat dalam pemeliharaan kesehatan otak dan proses jangka panjang, seperti memori.

Meski bermanfaat banyak bagi tubuh, kalsium juga perlu dikonsumsi sesuai batasan, yakni 2,500 mg per hari untuk usia 19-50 dan 2,000 mg untuk 51 tahun ke atas. Mengingat tubuh tidak memproduksi kalsium, Anda dapat memperolehnya dengan mengonsumsi susu, keju, yogurt, dan sayuran hijau.

Dalam memenuhi kebutuhan kalsium, kini Anda dapat mengonsumsi nutrisi harian seperti susu Ensure yang memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure terbukti secara klinis merupakan Brand Nutrisi Dewasa Nomor 1 di Dunia, serta brand yang paling direkomendasikan di Indonesia berdasarkan Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, per Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales RSP, 2019 data.

Minum Ensure dua gelas sehari bantu daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari. Informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat dapat mengakses website ensure.co.id.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)