Senin, 18 Okt 2021 14:57 WIB

80 Persen Wanita Masih Salah Pilih Bra, Waspadai Risikonya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
ilustrasi bra Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Memilih ukuran bra yang tepat terkadang luput dari perhatian wanita, asal pas dan nyaman digunakan rasanya sudah cukup. Faktanya, 80 persen wanita salah pilih ukuran bra. Bukan tanpa alasan, salah pilih bra bisa berdampak terhadap penampilan dan kesehatan.

Hasil penelitian menemukan bahwa 80 persen wanita atau sama dengan 4 dari 5 wanita salah dalam memilih jenis dan ukuran bra. Padahal, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia ukuran payudara bisa berubah.

Hal ini dijelaskan oleh praktisi kesehatan, dr Nadia Alaydrus dikutip dari Youtube Uniqlo Indonesia. dr Nadia memaparkan bahwa payudara memiliki jaringan lemak yang bisa berpengaruh pada perubahan bentuk payudara.

Misalnya saja ketika berat badan naik atau turun lemak di payudara juga akan berkurang atau bertambah sehingga ukuran payudara pun ikut berubah. Hal yang sama juga terjadi saat menyusui dan sebelum menyusui atau saat menstruasi.

"Apalagi kalau menyusui sama enggak itu berubah banget karena ada lemak ada susunya, kalau sudah selesai menyusui kan enggak ada cairan susunya jadi kembali seperti semula lagi," jelas dr Nadia.

Sementara pada masa menstruasi, ukuran payudara bisa berubah membesar karena dipengaruhi hormonal.

"Jadi itu sebenarnya berpengaruh dari hormonal ya karena kalau mau menstruasi pasti ada hormon yang berubah," lanjutnya.

Salah menggunakan ukuran atau jenis bra bisa berdampak terhadap kesehatan. Beberapa risiko yang mungkin timbul dari salah mengenakan ukuran dan jenis bra, seperti sesak dan tidak nyaman, iritasi pada kulit hingga luka karena kawat bra dan sebagainya.

"Sebenarnya sih kalau memilih bra pastinya yang nyamannya ya yang sesuai ukuran payudara kita,"

Di samping itu, hasil penelitian Michael Schachter of the Schachter Center for Complementary Medicine menyebutkan bahwa ukuran bra yang terlalu kecil bisa menyebabkan tekanan aliran di saluran kelenjar getah bening dari payudara ke ketiak.

dr Nadia menjelaskan cara memilih ukuran bra yang paling utama adalah memilih bra yang sesuai dengan ukuran payudara. Tujuannya agar dapat menopang payudara dengan baik dan mengurangi risiko iritasi dan alergi pada kulit.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)