Rabu, 20 Okt 2021 15:04 WIB

Sinovac Siap Dukung Indonesia Menjadi Pusat Vaksin di Kawasan

Sponsored - detikHealth
Sinovac Biotech Foto: Sinovac Biotech
Jakarta -

Indonesia-China Business Forum di Beijing bertema 'Percepatan Bisnis Digitalisasi, Infrastruktur Kesehatan dan Pembangunan Hijau' telah digelar pada, Selasa (19/10). Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, General Manager Sinovac Biotech (Hong Kong) Limited Helen Yang, Perwakilan Departemen Urusan Publik dan Pemerintah dari Kantor Huawei Beijing Liu Lu.

Di forum ini, Djauhari Oratmangun selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk China, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sinovac Biotech atas usahanya dalam membantu memerangi COVID-19 di Indonesia. Dilaporkan bahwa Sinovac telah menginisiasi kerja sama dengan Biofarma Indonesia. Hal ini meliputi kerja sama strategis yang mendalam dalam penelitian eksperimental klinis, penyediaan pasokan vaksin dan teknologi pengembangan vaksin, serta rencana untuk mendirikan Pusat Vaksin Sinovac untuk membantu Indonesia menjadi pusat produksi vaksin regional.

"Indonesia telah memberikan kontribusi ilmiah dan teknologi yang besar terhadap perolehan vaksin secara global selama uji klinis vaksin COVID-19. Saat ini, Sinovac Biotech telah memberikan lebih dari 200 juta dosis vaksin COVID-19 ke Indonesia, dan merupakan negara yang paling banyak menerima vaksin selain China. Sinovac akan terus mendukung tujuan vaksinasi pemerintah Indonesia dan menyediakan vaksin yang cukup untuk membantu proses vaksinasi seluruh penduduk Indonesia. Pada saat yang sama, Sinovac bersedia bergandengan tangan dengan Indonesia untuk melakukan kerja sama yang lebih mendalam di bidang penelitian dan pengembangan vaksin serta bidang lainnya," ujar General Manager Sinovac Biotech Ltd, Helen Yang dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021).

Sinovac Biotech Foto: Sinovac Biotech

Sebagai mitra strategis, Sinovac meluncurkan kerja sama dengan Biofarma Indonesia, termasuk kerja sama strategis yang mendalam dalam penelitian eksperimental klinis, pasokan vaksin, serta penelitian dan pengembangan teknologi vaksin. Sinovac juga berencana mendirikan Pusat Vaksin Sinovac untuk membantu Indonesia menjadi pusat produksi vaksin regional.

Sejak Indonesia meluncurkan rencana vaksinasi COVID-19 nasional pada 13 Januari tahun ini, negara ini mulai mempercepat proses vaksinasi. Militer, polisi, badan intelijen nasional, dan lembaga peradilan telah menginvestasikan tenaga yang besar untuk membantu sektor kesehatan dalam melaksanakan rencana vaksinasi.

Pada 10 Oktober, lebih dari 100 juta orang di Indonesia telah divaksinasi. Baik jumlah kasus baru yang dikonfirmasi dan jumlah kematian dalam satu hari mencapai rekor terendah sejak akhir Juni tahun lalu. Pemerintah Indonesia berencana untuk mencapai 100% populasi menyelesaikan dosis pertama vaksin dan 50% populasi menyelesaikan dua dosis vaksinasi pada akhir tahun 2021.

Sinovac Biotech Foto: Sinovac Biotech

Hingga saat ini, vaksin COVID-19 Sinovac telah disetujui untuk pemasaran bersyarat atau penggunaan darurat di lebih dari 50 negara dan wilayah di seluruh dunia, dengan pasokan global kumulatif 2 miliar dosis dan kumulatif 1,6 miliar dosis telah disuntikkan, saat ini adalah vaksin dengan pasokan dan penggunaan global dan domestik terbesar, dan juga merupakan salah satu ekspor terbesar vaksin dari China.

(Content Promotion/Sinovac Biotech)