Kamis, 21 Okt 2021 04:54 WIB

Pertama di Dunia dan Berhasil! Ginjal Babi Ditransplantasikan ke Manusia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
close up of a pigs face on a truck, behind bars Pertama kali ginjal babi dicangkokkan ke manusia (Foto: Getty Images/iStockphoto/pidjoe)
Jakarta -

Untuk pertama kalinya, ginjal babi ditransplantasikan ke manusia tanpa memicu reaksi penolakan oleh sistem imun tubuh. Diyakini sebagai terobosan penting untuk mengatasi kelangkaan donor organ.

Transplantasi ini dilakukan di New York University Langone Health, menggunakan babi yang secara genetis dimodifikasi agar jaringannya tidak mengandung molekul pemicu penolakan.

Dikutip dari Reuters, penerimanya adalah pasien dengan kematian otak yang memiliki gejala disfungsi ginjal. Keluarganya telah menyetujui eksperimen tersebut sebelum bantuan hidupnya dilepas.

Selama 3 hari, ginjal baru dihubungkan di pembuluh darah dan tetap dibiarkan di luar tubuh agar para peneliti bisa mengamatinya.

"Tampak cukup normal," kata Dr Robert Montgomery yang memimpin penelitian ini, berbicara tentang fungsi ginjal hasil cangkokan.

Disebutkan, ginjal tersebut menghasilkan urine dalam jumlah yang diharapkan sebagaimana ginjal cangkokan dari manusia. Kadar creatinin pasien yang semula tidak normal, mengindikasikan kerusakan ginjal, berangsur normal.



Simak Video "Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Pertanda Donor Ginjal Langka?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)