Senin, 25 Okt 2021 17:00 WIB

COVID-19 di 105 Wilayah Naik, Menkes Sebut Masih dalam Batas Aman

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Belakangan ini, kasus COVID-19 di Indonesia mulai melandai. Hal ini terlihat dari jumlah kasus baru harian yang jumlahnya semakin sedikit.

Namun, di tengah kondisi ini Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan adanya peningkatan dalam 2 minggu terakhir. Ini diketahui setelah pengamatan selama 4 minggu terakhir.

"Kita juga memonitor seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia dalam kurun waktu 4 minggu terakhir. Karena kalau dibandingkan dengan Juli memang semuanya turun," kata dia dalam konferensi pers evaluasi PPKM Senin (25/10/2021).

"Tapi kita sudah mengamati dalam 4 minggu terakhir ada 105 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi yang kasusnya mulai menunjukkan peningkatan dalam 2 minggu terakhir," lanjut Menkes Budi.

Meski mengalami kenaikan, Menkes Budi mengatakan jumlah kasus ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Selain itu, jumlahnya masih dalam batas aman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tetapi, Menkes Budi menegaskan untuk tetap berhati-hati dan jangan sampai melakukan euforia yang berlebihan.

"Tapi kita mencoba mengantisipasi secara lebih dini agar jangan sampai euforia yang berlebihan membuat kita jadi lengah, tidak waspada, dan kenaikan kasus di 105 kabupaten/kota ini tidak terkontrol karena kenaikan jadi sangat tinggi," pungkasnya.



Simak Video "Jelang Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Ungkap Kepatuhan Prokes Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)