Selasa, 26 Okt 2021 08:03 WIB

Diidap James Michael Tyler Sebelum Meninggal, Ini Gejala Kanker Prostat

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi kankr prostat Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Aktor James Michael Tyler, pemeran Gunther di serial populer Friends, meninggal dunia pada Minggu (24/10/2021) di kediamannya, Los Angeles. Disebutkan, James meninggal di usia 59 tahun setelah melawan kanker prostat stadium 4.

Kabar mengenai penyakitnya diumumkan James Michael Tyler pada pertengahan Juni lalu dalam sebuah wawancara dengan Today. Ia mengatakan bahwa kanker yang diidapnya telah menyebar.

"Saya didiagnosa kanker prostat yang sudah lanjut, yang sudah menyebar ke tulang," katanya.

"Saya bergelut dengan diagnosis ini selama hampir tiga tahun. Stadium 4, kanker stadium akhir. Jadi pada akhirnya, kamu tahu, ini akan merenggut saya," katanya.

Kanker prostat sendiri menempati urutan ketiga kanker yang paling banyak diidap pria setelah kanker paru dan usus besar. Hampir semua kanker, kanker prostat juga bisa tak bergejala, bahkan kadang mirip dengan penyakit kesehatian.

Apa gejala kanker prostat?

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP, menyebut kanker prostat biasanya ditandai dengan:

  • kesulitan untuk buang air kecil
  • hilangnya kontrol air kencing
  • buang air menjadi lebih sering
  • ada darah pada urine
  • nyeri di bagian pinggang, punggung, atau dada (apabila sudah menyebar).

"Banyak pasien yang datang dan mengeluh soal tulang, dan ternyata dia kanker prostat. Nyeri tulang sakit sekali nggak ilang-ilang, ternyata dari prostat. Jangan jadi udah biasa (sakit punggung)," paparnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Jika mengalami gejala kanker prostat seperti yang dialami James Michael Tyler sebaiknya segera konsultasikan ke dokter



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)